Beranda Kepri Karimun Perbanyak Populasi, PT Timah Kembali Lepas Ratusan Ekor Bibit Kepiting Bakau di...

Perbanyak Populasi, PT Timah Kembali Lepas Ratusan Ekor Bibit Kepiting Bakau di Pulau Karimun

0
Ratusan ekor bibit kepiting bakau di lepaskan di salah satu Pulau di Kabupaten Karimun.F-Istimewa

beritakepri.id, KARIMUN – Untuk meningkatkan populasi kepiting bakau di Pulau Karimun, PT Timah Tbk kembali melepaskan ratusan bibit kepiting bakau di salah satu pulau di Karimun, Kamis (31/3/2022).

Sebelumnya, PT Timah Tbk juga telah melepaskan 600 bibit kepiting di Pantai Kudur, dimana program ini akan terus berlanjut sebagai bentu reklamasi laut yang dilakukan emiten berkode TINS ini.

Upaya pelepasan bibit kepiting ini merupakan langkah yang dilakukan PT Timah Tbk untuk meminimalisasi dampat menurunnya populasi kepiitung bakau. Selain itu, dengan semakin banyak kepiting bakau maka diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Baca Juga :  Delapan Siswa dari Riau dan Kepri Ikuti Tes Kesehatan Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk

Pelepasan kepiting bakau ini juga turut melibatkan masyarakat nelayan, sehingga nantinya diharapkan dapat mengoptimalkan hasil tangkapan nelayan terhadap komoditas kepiting bakau.

Nelayan Desa Pongkar Azwan, menceritkan saat ini populasi kepiting bakau di daerah tersebut sudah berkurang dan hampir bisa di bilang tidak ada.

“Syukur Alhamdulillah PT Timah melakukan kegiatan penyebaran kepiting di lokasi sini dan saya sebagai nelayan sangat senang,” katanya.

Salah satu pembudidaya Kepiting Bakau, Erwin mengatakan pihaknya mendukung upaya peningkatan populasi kepiting bakau dengan melepas bibit ke laut. Dengan begini, kata dia ke depan Kabupaten Karimun bisa menjadi sentra kepiting bakau.

Baca Juga :  Reses ke pulau-pulau, Sri Rezeki ingin anak-anak muda punya keahlian kerja

Tak hanya itu, menurutnya kepiting bakau juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta cukup diminati. Bahkan, kepiting bakau menjadi salah komoditas ekspor yang memiliki pangsa para ke Malaysia dan Singapura.

“Saya sebagai pembudidaya sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh PT Timah, dan tidak merasa tersaingi. Saya berharap banyak masyarakat Karimun yang membudidayakan kepiting. Karena pangsa pasar di Singapura dan Malaysia terbuka lebar. Untuk itu kita harus mampu memanfaatkan peluang yang ada,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Tebing, Muchtisar yang turut serta pada kegiatan pelepasan bibit kepiting ini merasa senang dan berterima kasih kepada PT Timah yang memiliki keperdulian sangat tinggi terhadap lingkungan.

Baca Juga :  Implementasikan Kandungan Alquran dalam Kehidupan

“Contohnya saat ini kita melakukan pelepasan ratusan bibit kepiting bakau, diharapkan kedepan kepiting ini akan berkembang dengan baik yang tentunya akan berdampak kepada nelayan,” katanya.***

Penulis : D Tambunan
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here