Beranda Kolom Info Perbedaan Wabah, Epidemi, Endemi dan Pandemi

Perbedaan Wabah, Epidemi, Endemi dan Pandemi

738
0

Saat ini dunia, bukan hanya Indonesia, dikhwatirkan dengan penyebaran virus corona (Covid-19). Bahkan WHO telah menetapkan virus corona sebagai penyakit pandemi pada Kamis (12/3/2020).

Pandemi sendiri merupakan istilah kesehatan dalam penyebaran penyakit. Selain pandemi, tentu kita sering juga mendengar istilah wabah, epidemi dan endemi.

Dalam ilmu yang mempelajari pola penyebaran suatu penyakti, istilah-istolah tersebut memang digunakan. Ilmunya disebut epidemiologi atau ilmu yang mempelajari pola penyebaran penyakit.

Wabah

Wabah adalah adalah munculnya penyakit di masyarakat. Berbeda dengan penularan masif, wabah dikategorikan dengan jumlah orang yang terjangkit jauh lebih banyak. Penyakit yang menyerang juga terjadi di musim-musim tertentu, misalnya saat kemarau panjang atau musim hujan.

Baca Juga :  Kembali Meningkat, PMI Manufaktur Indonesia Capai Rekor Tertinggi

Kriteria wabah sendiri adalah penyakit baru yang tak diketahui atau penyakit yang baru muncul di daerah tersebut. Penyakit yang sudah lama tak menjangkiti masyarakat di sana juga bisa disebut wabah.

Epidemi

Wabah bisa disebut bagian ‘paling kecil’ dari penularan penyakit. Penularan setelahnya disebur epidemi.

Epideni adalah penyebaran penyakit dengan jumlah banyak yang menyerang secara cepat. Ia sebenarnya mirip dengan wabah. Hanya saja jangkauannya jauh lebih luas dan penularannya terjadi dengan cepat.

Contoh penyakit dengan jenis epidemik adalah penyakit chicken pox di Amerika Serikat. Juga epidemi SARS pada 2003 lalu atau malaria di Liberia.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas, Mudah dan Aman

Endemi

Endemi adalah penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi tertentu. Ia menyerang lingkup yang lebih kecil dibanding pandemi, misalnya satu negara saja, wilayah, atau benua.

Contoh penyakit endemi adalah ebola yang berada di daerah sub-Sahara Afrika. Contoh lainnya adalah malaria dan meningitis.

Pandemi

Pandemi adalah penyakit yang menyerang orang dalam jumlah banyak dan terjadi di banyak tempat. Lebih singkatnya pandemi adalah epidemi yang tersebar.

Mengutip berbagai sumber, WHO mendefinisikan pandemi sebagai penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia. Tercatat ada beberapa penyakit pandemi yang paling mematikan sepanjang sejarah.

Baca Juga :  Ivermectin, Obat Kutu Diyakini Efektif Bunuh Virus Corona

Salah satunya cacar, campak, tipus, flu spanyol, black death, HIV/AIDS. Dan yang sedang kita hadapi saat ini, corona. ***

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here