Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah menyalami peserta Perkemahan Antar Satuan Karya (PERANSAKA).

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau sekaligus Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia. Mereka juga memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

“Pramuka merupakan wadah pendidikan non formal bagi generasi muda yang bertujuan mengantarkan kaum muda ke masa depan yang lebih baik dengan pola pendidikan yang bersifat edukatif, kreatif dan rekreatif di alam terbuka,” kata Arif saat membuka Perkemahan Antar Satuan Karya Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau Tahun 2018 sekaligus melepas peserta Jambore Ukhuwah Kemah Nasional IV ke Cibubur, Jakarta pada 16-19 November 2018 di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (14/11).

Baca Juga :  Lansia Harus Sehat dan Bahagia

Arif menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan diatas tidaklah mudah. Tantangan cukup berat bagi Gerakan Pramuka adalah menghadapi lajunya arus informasi dan teknologi.

Memang tidak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi dapat membantu mempermudah manusia dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa teknologi juga memiliki efek negatif apabila tidak tepat penggunaannya.

“Gerakan Pramuka punya peran yang sangat penting untuk membentengi generasi muda dari hal-hal negatif kemajuan teknologi,” ucapnya.

Pramuka merupakan wadah pendidikan non formal bagi generasi muda yang bertujuan mengantarkan kaum muda ke masa depan yang lebih baik dengan pola pendidikan yang bersifat edukatif, kreatif dan rekreatif di alam terbuka.

Dia berharap, melaui Perkemahan Antar Satuan Karya (PERANSAKA) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau Tahun 2018, peserta pramuka mampu menggali pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta pengalaman dari Satuan Karya yang ada. Serta dapat terus bersinergi dan berkontribusi bagi perkembangan Gerakan Pramuka.

Baca Juga :  Rahma: Mereka Perlu Perhatian dari Pemerintah

Arif juga berpesan untuk senantiasa melaksanakan ibadah, jaga kesehatan, jaga kekompakan, jaga disiplin dan ketertiban serta ikuti petunjuk dan jadwal yang telah disusun dengan baik. \

“Patuhi tata tertib perkemahan dan hormati sesama serta jaga nama baik Kwartir Cabang dan Satuan Karya adik-adik. Tampilkan yang terbaik dalam seluruh rangkaian kegiatan yang ada. Ikuti arahan pimpinan sangga dan pembina pendamping,” tutupnya.

Adapun kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau Tahun 2018 di Bumi Perkemahan Kwartir Daerah Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang diikuti oleh 347 peserta. Masing-masing peserta berasal dari Kwarcab Bintan 69 orang, Kwarcab Batam 47 orang, Kwarcab Karimun 56 orang, Kwarcab Anambas 12 orang, Kwarcab Tanjungpinang 149 orang serta Kwarcab Lingga 14 orang.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here