Beranda Berita Utama Pramuka Kwarcab Bintan Dilatih Bikin Berita

Pramuka Kwarcab Bintan Dilatih Bikin Berita

0

beritakepri.id, BINTAN — Ratusan pelajar SMP dan SMA di Bintan yang tergabung dalam anggota Kwartir Cabang Pramuka Bintan mengikuti pelatihan jurnalistik di Aula Bumi Perkemahan Tembeling Tanjung, Bintan, Kamis (29/08).

Setelah kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Bintan, H Dalmasri Syam yang juga Ketua Kwarcab Bintan, anggota pramuka langsung mengikuti berbagai kegiatan yang diagendakan panitia.
Salah satu agendanya adalah belajar tentang jurnalistik yang menghadirkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Tanjungpinang-Bintan, Zakmi.

Meski Zakmi hanya diberi waktu 2 jam dalam menyampaikan materi, namun setiap peserta langsung bisa mempraktikkan wawancara untuk memenuhi kebutuhan data 5W plus 1H seperti yang dipersyaratkan untuk menjadi laik berita.

Baca Juga :  Tentang Hak Interpelasi DPRD Tanjungpinang, Zainal: Kenapa Baru Sekarang Sibuk?

Setelah menyampaikan materi sekitar 30 menit, setap anggota Pramuka langsung diminta mewawancarai rekannya sendiri tentang keberadaannya mengikuti Perkemahan Besar Kwarcab Bintan 2019 di Tembeling Tanjung, Bintan.

Setelah kebutuhan data 5W plus 1H terpenuhi, anggota Pramuka langsung diminta membuat berita pendek minimal tiga paragraf dengan tulis tangan di kertas.
Meski hanya diberi waktu yang sangat singkat, namun masing-masing antusias minta tulisannya dikoreksi bersama untuk mengetahui apa saja yang mesti diperbaiki.

“Secara umum, kemampuan menulis adik-adik sudah cukup baik. Mesti waktu yang saya berikan sangat singkat namun adik-adik mampu menyelesaikannya menjadi sebuah berita pendek. Saya berharap agar terus berlatih menulis tentang kegiatan di sekolah masing-masing atau mewawancarai rekan-rekan yang berprestasi, lalu tulisannya ditempel di mading sekolah. Mading juga merupakan media untuk mempublikasikan tulisan,” sebut Zakmi.

Baca Juga :  KPK Selenggarakan Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi secara Online

Zakmi juga berpesan, setiap siswa agar bijak berliterasi di media sosial dengan menampilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat serta tidak terjebak dalam penyebaran hoaks.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here