Beranda Kepri Tanjungpinang Produksi Meningkat, Kebutuhan Masyarakat Terjawab

Produksi Meningkat, Kebutuhan Masyarakat Terjawab

0

beritakepri.id, KARIMUN — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan bahwa Pemerintah Daerah selalu mendukung penuh setiap kebutuhan para petani dalam mensukseskan program pertanian yang dijalankan. Pemenuhan tersebut tentu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat maka peningkatan produksi pertanian harus terus diupayakan.

“Jangan ada lagi keraguan dari para petani dalam menjalankan tugasnya dan tentunya masyarakat akan semakin senang dan mendukung setiap program dibidang pertanian karna kebutuhan mereka dapat terpenuhi,” ujar Nurdin saat melakukan Panen Padi di Kawasan Pertanian Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Ahad (27/1).

Keberadaan teknologi menurut Nurdin juga menjadi pelengkap yang sempurna bagi percepatan proses produksi. Nurdin bersama Dinas terkait akan terus mendata setiap kebutuhan alat-alat pertanian yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Isdianto Serahkan Bantuan Penanganan Covid-19

“Proses produksi akan semakin cepat karna para petani akan terbantu dengan adanya alat-alat tersebut,” tambah Nurdin.

Tidak hanya menjawab kebutuhan masyarakat akan bahan pangan, keberadaan kawasan pertanian disini juga jika terus dikembangkan eksistensinya maka dapat menjadi kawasan wisatawan baru bagi masyarakat.

“Kita terus upayakan banyak manfaat yang didapat dalam satu tempat, kedepan akan terus kita kelola agar lokasi pertanian disini menjadi lebih indah sehingga bisa mengundang wisatawan datang,” harap Nurdin.

Lahan padi seluas 21 Hektar dikawasan pertanian Desa Teluk Radang sudah siap panen. Nurdin beserta rombongan secara simbolis melakukan panen tersebut. Tampak hadir Staf Ahli Gubernur Syamsuardi, Kepala Dinas Kepemudaan Maifrizon dan Kepala Biro Humprohub Nilwan.

Baca Juga :  Digelar Disbudpar, Rahma Buka Pelatihan Pengembangan Inovasi Kuliner dan Optimalisasi Konten Media Sosial

Dalam kesempatan tersebut Nurdin juga berbincang kepada sejumlah petani, dari diskusi singkatnya tersebut terdapat beberapa kendala yang terjadi sehingga menghambat proses kegiatan pertanian.
Petani mengeluhkan ketidakadaanya mesin pompa air yang harus digunakan untuk kelancaran perairan, dengan jarak dari lokasi air dan lahan tani yang sejauh 500 Meter tersebut tentu agar pekerjaan dapat selesai keberadaan mesin pompa air sangat dibutuhkan.

Mendengar keluhan tersebut, Nurdin langsung memerintahkan Kadis Pertanian Ahmad Izhar untuk segera koordinir bantuan berupa mesin pompa air dan pemasangan pipa, perbaikan tanggul juga akan di kondisikan sesegera mungkin.

Baca Juga :  Hikmah Isra Mi'raj ' Kuatkan Keimanan' Bangkit dari Pandemi

“Keadaan kan sudah baik, tinggal menyempurnakan hal yang rusak tadi, jangan sampai petani-petani sudah semangat jadi melemah lagi,” kata Nurdin.

Lahan pertanian disini tidak hanya fokus ke padi saja, sejumlah tanaman lainnya juga ikut ditanami, misalnya Nanas yang dalam setiap setengah bulan sekali bisa panen hingga 20 ton dan direncanakan bisa di ekspor ke Singapura pada bulan Februari mendatang, namun terdapat kendala pengiriman yang harus menyediakan mesin pendingin.

“Nanti akan kita tindaklanjuti prosedurnya bagaimana, kendala nya seperti apa akan kita dudukan, agar cepat selesai karna ini bisa menjadi tambahan potensi untuk meningkatkan pendapatan,” kata Nurdin lagi.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here