Beranda Kolom Info Program Komputer Pencuri Password Itu Namanya Keylogger, Waspada!

Program Komputer Pencuri Password Itu Namanya Keylogger, Waspada!

290
0

PROGRAM komputer sudah menjadi teman sehari-hari. Apalagi aktivitas menggunakan komputer bukan lagi sesuatu yang ekslusif di zaman serba digital ini. Komputer yang saya maksudkan di sini bisa berupa personal computer (PC) atau laptop dan sejenisnya.

Namun tahukah Anda bahwa program komputer itu ada yang baik dan jahat. Program baik tentu saja bisa digunakan untuk pekerjaan yang bermanfaat, seperti berselancar, membuat laporan dan sebagainya.

Sementara program komputer jahat bisa saja sebenarnya diciptakan untuk sebuah kebaikan, namun kemudian disalahgunakan oleh seseorang untuk melakukan kejahatan atau hal-hal yang tidak baik.

Pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan Anda agar hati-hati dengan si nakal bernama keylogger. Keylogger ini sebuah program komputer yang digunakan untuk merekam segala aktivitas yang Anda ketikkan di kibor.

Bayangkan, ketika Anda membuka dan mengakses sejumlah akun, baik itu email atau media sosial bahkan bank, bisa direkam oleh keylogger.

Apa Sih Keylogger Itu

Sebelum kita bahas lebih dalam, yuk kita lebih dahulu kehnelan dengan Keylogger. Pada intinya Keylogger merupakan software atau hardware yang memiliki kemampuan untuk menghadang dan merekam semua masukan kibor komputer.

Ia memiliki kemampuan untuk berdiam di antara kibir dan sistem operasi untuk mencuri semua komunikasi. Namanya mencuri, tentu tanpa sepengetahuan pemiliknya. Jaahat ! (mengutip ucapan Cinta kepada Rangga di Ada Apa dengan Cinta II), karena Keylogger juga dapat menyimpan seluruh data yang ada di komputer Anda.

Baca Juga :  10 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Belajar Mengemudi Mobil

Begitu mendapatkan data, ia tak perlu ke kuris untuk mengirimkan datanya tersebut. Ia melakukannya diam-diam dengan teknologi sehingga data di komputer Anda bisa dikendalikan oleh pelaku.

Pada intinya, Keylogger adalah program komputer yang mengawasi setiap gerakan atau ketukan tombol di kibormu. Misalnya Anda membuka email, memasukkan user budaktanjungpinang dengan password bud4kgurind4m maka itulah yang direkam oleh Keylogger.

Kategori Keylogger

Sebenarnya ada banyak jenis Keylogger di dunia ini. Orang juga semakin pintar. Bisa mengedit atau mengubah program komputer yang sudah ada untuk mendapatkan jenis terbaru. Demikian juga dengan Keylogger.

Pada umumnya, Keylogger diketagorikan menjadi dua yakni software-based dan hardware-based. Paling banyak dipakai para pencuri passroed ialah software-based. Untuk menyamarkannya sering diinstall sebagai bagian dari malware seperti Trojan atau Rootkit.

Keylogger jenis ini lebih mudah masuk ke komputer Anda. Ia tak memerlukan sentuhan fisik dengan komputer Anda. Program ini bisa meniru sebuah API pada sistem operasi di komputer Anda. Kemudian ia merekam setiap keystroke Anda dibuat.

Baca Juga :  Fenomena Astronomi di Bulan April 2020

Sedangkan Keylogger hardware-based menurut saya jarang digunakan. Mengapa? Karena untuk menanamnya di komputer Anda, dibutuhkan sentuhan fisik.

Misalnya, bisa saja dipasang ketika orang lain merakit komputer Anda. Beberapa jenis hardware dapat diinstall saat proses perakitan, seperti BIOS-level keylogger. Sementara hardware keylogger lainnya dapat diimplementasikan melalui USB flash drive atau sebagai konektor palsu untuk kibor. Biasanya letaknya di antara kabel kiboar dan komputer.

Keylogger hardware-based memang sulit diterapkan. Meski demikian ia bisa bekerja lebih fleksibel lantaran bentuknya menjadi sebuah operasi sistem tersendiri.

Cara Kerja Program Komputer Jahat Keylogger

program komputer 2

Bagaimana Keylogger bisa menjangkiti komputer Anda? Katakanlah ia masuk melalui malware. Komputer Anda bisa saja terserang melalui website yang mengandung malware. Makanya zaman sekarang kalau browsing kudu hati-hati.

Malware itu akan mencari peluang dan kesempatan untuk masuk ke komputer Anda. Secara otomatis ia akan menginstall malware tersebut. Keylogger biasanya juga terdapat di adware yang tanpa sengaja Anda install.

Peringatan bagi Anda yang suka mengunduh file dan ada notifikasi apakah akan mengintal juga aplikasi lain? Saya sarankan tak usah digubris karena jika Anda setuju selain membuat lama proses pengunduhakn juga berbahaya jika aplikasi tersebut merupakan malware seperti Keylogger.

Baca Juga :  Cara Seting Remote TV Pakai Kode, Tombol Volume dan HP Android

banyak program komputer jahat yang ditumpangkan secara rapi, seolah-olah ia adalah program yang benar dan membantu. Saya mengistilahkannya dengan Drakula berwajah Arjuna hehe.

Mendeteksi dan Tendang Keylogger

Jangan anggap remeh Keyloggar. Bahkan untuk mendeteksinya saja akan sangat sulit. Namun jangan khawatir, sekarang sudah banyak antivirus atau penangkal program nakal seperti Keylogger yang bisa Anda gunakan.

Namun antimalware juga akan mengalami kesulitan jika menghadapi Keylogger yang sudah dimodifiksi sedemikian rupa oleh pencurinya. Oleh karena itu, selalu pasang antivirus di komputer Anda.

Menginstal antivirus atau antimalware saja beloum cukup jika Anda termasuk tipe orang yang tidak pernah atau malas mengupdatenya.

Dan sengaja saya letakkan paling bawah, Anda bisa mengelebuhi program komputer jahat Keylogger dengan metode copy paste password. Selain itu bisa juga menggunakan virtual kibor untuk login ke akses penting seperti internet banking atau emai perusahaan Anda.

Demikian ulasan saya kali ini mengenai program komputer jahat bernama Keylogger. Semoga berguna…

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here