Beranda Kepri Batam PWI Kepri Hadiri HPN 2022 di Kendari, Bawa Misi Porwanas 2024 di...

PWI Kepri Hadiri HPN 2022 di Kendari, Bawa Misi Porwanas 2024 di Kepri

0
Candra Ibrahim.

beritakepri.id, BATAM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri akan ikut berpartisipasi di Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Presiden RI, Joko Widodo dipastikan hadir saat acara pucak yang akan berlangsung tanggal 9 Februari.

Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim menjelaskan, pada HPN kali ini ada sebanyak 40 orang anggota PWI Kepri dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kepri yang akan berangkat ke Kendari. Rombongan akan mulai bertolak pada hari Minggu (6/2/2022) dan Senin (7/2/2022).

Sampai di Kendari peserta HPN akan mengikuti berbagai rangkaian acara. Mulai dari seminar, Diskusi Sinergitas Pers dan Pemerintah, pameran, Rakernas SIWO & Sosialisasi DBON, Mukernas IKWI, Konvensi Nasional Media Massa, Seminar Literasi Digital SJI & Pelatihan Jurnalistik, Seminar Nasional Pemulihan Ekonomi Nasional, Pertemuan DK PWI Pusat dan DKP se-Indonesia, Forum Pemred, Acara Puncak, Pelepasliaran Anoa oleh Presiden, serta banyak kegiatan lainnya.

“HPN ini ibaratnya “Hari Raya”nya insan pers. Diadakan tiap tahun dan tempatnya berganti-ganti. Ini juga sebagai ajang silaturahmi. Jadi semua insan pers dari berbagai penjuru di Indonesia akan berkumpul di Kendari,” ungkap Candra Ibrahim, Sabtu (5/2/2022)siang, mempersiapkan keberangkatan PWI Kepri ke Kendari.

Baca Juga :  Jangan Lengah, Walau Ada Kelonggaran

Dikatakan Candra, acara puncak akan langsung dihadiri oleh Presiden Jokowi, serta juga akan dihadiri oleh beberapa orang gubernur, termasuk Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Gubernur yang diundang ke HPN tersebut adalah gubernur-gubernur yang konsen dalam pelestarian hutan mangrove di daerah masing-masing. Hal itu sejalan dengan program pemerintah dalam pelestarian lingkungan dan ancaman perubahan iklim. Keseriusan pemerintah dalam merestorasi dan merehabilitasi hutan mangrove sendiri juga menjadi bagian kampanye dalam pertemuan G20 mendatang di Bali.

“Prvinsi Kepri merupakan salah satu provinsi yang konsen dalam pelestarian mangrove dan Bapak Gubernur (Ansar Ahmad) diundang dan akan hadir di HPN Kendari,” ungkapnya.

Dari informasi terakhir kepala daerah yang akan menghadiri HPN 2022; Gubernur Kaltara, Gubernur Papua Barat, Gubernur Papua, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Bangka Belitung, Gubernur Riau, Gubernur Kepri, Gubernur Maluku Utara, Gubernur Bengkulu, Gubernur Kalsel, Gubernur Aceh, Bupati Kampar, Riau, Bupati Siak, Riau, Bupati Rokan Hulu, Riau, Bupati Aceh Jaya, Ketua DPRD Aceh Jaya, Wakil Wali Kota Langsa, Bupati Aceh Selatan, Bupati Fakfak, Walikota gorontalo.

Baca Juga :  Segera Daftar, Panitia Porwanas Buka Pendaftaran Atlet Hingga 15 Juli 2022

Dilanjutkan Candra, di HPN kali ini PWI Kepri juga memiliki misi, menjadikan Kepri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024. Gubernur Kepri sendiri ungkapnya menyambut positif.

“Di HPN nanti juga akan rakernas Siwo (Seksi Wartawan Olahraga) PWI yang akan membahas tuan rumah Porwanas. Kalou sudah ada lampu “hijau” dari gubernur maka akan kita usulkan,” ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, di HPN 2022 ini, juga merupakan hari bahagia bagi PWI Kepri. Pasalnya, tiga orang anggota PWI Kepri yang akan mendapat penghargaan Press Card Number One (PCNO) atas dedikasinya dalam perkembangan dunia pers di daerah. Ketiganya adalah, Ramon Damora, Candra Ibrahim, dan Taufik Muntasir. Pemilihan wartawan penerima PCNO dilakukan oleh satu tim juri yang dibentuk oleh PWI Pusat, kemudian diputuskan dalam rapat pleno.

Baca Juga :  Meningkatkan Kepedulian Terhadap Pembangunan Daerah, PWI Kepri Taja Dua Kegiatan

“Sebelumnya di Kepri sudah ada dua orang yang menerima penghargaan ini, yakni Bapak Rida K Liamsi dan Bapak Marganas Nainggolan. Penghargaan ini akan diserahkan pada Hari Puncak HPN,” ungkapnya lagi.

Terakhir Candra mengucapkan terima kasih atas pihak-pihak yang telah membantu sehingga PWI Kepri bisa ikut berpartisipasi di HPN 2022 ini.

“Tentu kami mengucapkan terima kasih pada Bapak Gubernur Kepri, Kepala BP Batam, Kapolda Kepri, dan pihak-pihak lainnya yang telah memberikan support. Mudah-mudahan acara HPN ini berjalan dengan sukses dan tim yang berangkat bisa mengikuti acara yang telah ditentukan. Mudah-mudahan juga HPN ini mempererat silaturahmi insan pers di Indonesia dan di daerah sendiri khususnya. Marilah kita jalin terus kekompakan,” kata Candra, didampingi Sekretaris PWI Kepri, Novianto, dan pengurus PWI Kepri lainnya.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here