Beranda Berita Utama Rencana Bangun Sirkuit Permanen, Apri Bayangkan Turis dengan Mobil Mewah di Lagoi

Rencana Bangun Sirkuit Permanen, Apri Bayangkan Turis dengan Mobil Mewah di Lagoi

0
Bupati Bintan Apri Sujadi mengendarai motor mempromosikan wisata Bintan.

beritakepri.id, BINTAN — Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau dilirik investor luar untuk pembangunan arena olahraga balap. Para investor menginginkan kawasan wisata terpadu Bintan itu memiliki arena sirkuit permanen yang dapat dipergunakan di segala even balap seperti Moto GP, Formula 1 dan lainnya.

Terkait tawaran dan wacana itu, Bupati Bintan Apri Sujadi mendukung penuh mengingat kawasan Lagoi masih memiliki 23 ribu hektar lebih lahan yang perlu dibangun.

“Kita sangat mendukung dan mendorong Lagoi dikembangkan, mejadi arena olah raga sirkuit bagi mobil-mobil mewah dari negeri Singapura dan Malaysia,” ujar Apri Senin (1/6/2020).

Hal ini, lanjut Apri menjadi peluang besar bagi Kawasan Lagoi yang lokasinya berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Apalagi lahan untuk pembangunannya juga tersedia.

Baca Juga :  Rahma Apresiasi Kepatuhan dan Disiplin Saat Pembagian Bingkisan Hari Raya

“Kemarin, saya bertemu dengan teman-teman di Singapura. Mereka akui sangat butuh sirkuit itu di Lagoi,” jelasnya.

Selain menyambut baik rencana tersebut, Apri juga meminta campur tangan Kemenpar RI untuk membangun sirkuit di Lagoi. Jika hal itu didukung, diyakini pembangunan sirkuit dapat terwujud. Dan jika hal itu terwujud, tentu saja dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Lagoi.

Selain itu juga bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bintan yang 60 persen PAD-nya disumbangkan oleh sektor pariwisata.

Upaya ini lanjut Apri, juga menjadi terobosan baru Pemkab Bintan agar lebih membuat destinasi di Bintan menjadi lebih menarik dan diminati wisman. Sejauh ini, Bintan menurutnya memang terfokus pada sport tourism (olahraga wisata).

Baca Juga :  Penyair Perempuan Indonesia Lahir di Kepulauan Riau

“Bayangkan, setiap Sabtu-Minggu, turis dari Singapura bermain mobil mewah seperti Ferrari di Lagoi. Pastinya PAD kita juga melejit,”ucapnya.

Saat ini, lanjut Apri, banyak orang-orang kaya pengoleksi mobil sport mewah di Singapura dan Malaysia menggunakan jalur perbatasan antara Singapura dan Johor Bahru, Malaysia untuk bermain. Sebab sirkuit permanen khusus untuk mobil sport mewah merka tidak ada di Singapura.

Terpisah Menteri Pariwisata, Wishnutama sangat menyambut baik usulan pembangunan sirkuit mobil mewah di Lagoi tersebut. Kepada Bupati Bintan, Wisnu berjanji akan mempelajari lebih lanjut usulan itu.

Baca Juga :  Ke Numbing, Roby Tabur Bibit Kerapu dan Dengar Aspirasi

Kemenpar RI melalui Deputi MICE, Events, dan Produk Wisata, lanjutnya, memang memiliki beberapa rencana untuk memperbanyak iven wisata guna mendatangkan lebih banyak wisman ke Lagoi.

Salah satunya, menurutnya yaitu, iven seperti festival musik yang menyerupai Tomorrowland, yakni sebuah festival dansa elektronik di negara Belgia.

Kemenpar juga akan berkoordinasi dengan pihak Lagoi untuk menyiapkan satu lokasi untuk penyelenggaraan event-event sejenis, seperti konser dan sebagainya.

“Lokasi itu dibuat multifungsi. Bisa juga untuk sirkuit mobil mewah, seperti yang disampaikan Pak Bupati Bintan,” katanya.(BK/PM/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here