Beranda Kepri Bintan Sampai Jumpa Tahun 2026 di Lingga, Batam Juara Umum Porprov Kepri di...

Sampai Jumpa Tahun 2026 di Lingga, Batam Juara Umum Porprov Kepri di Bintan

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bendera Porprov Kepri kepada Ketua KONI Lingga sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov Kepri tahun 2026 mendatang di stadion Megat Alang Perkasa Desa Busung, Kabupaten Bintan, Sabtu (12/11/2022) petang.F-Koni Bintan

beritakepri.id, BINTAN – Kontingen Kota Batam berhasil mempertahankan gelar juara umum pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-V Kepri di Kabupaten Bintan. Sampai jumpa di Porprov ke-VI Kepri tahun 2026 di Kabupaten Lingga. Berikut foto penutupan Porprov ke-V Kepri di Bintan.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad secara resmi menutup Porprov Kepri tahun 2022 di stadion Megat Alang Perkasa Desa Busung, Kabupaten Bintan, Sabtu (12/11/2022) petang. Sebelum penutupan dilakukan penyerahan medali kepada tim sepak bola Karimun peraih medali emas, Lingga medali perak dan Kota Batam peraih medali perunggu. Karimun meraih emas setelah menang telak 5-1 saat menjalani pertandingan final melawang Lingga, di stadion Megat Alang Perkasa.

Setelah penyerahan dan pengalungan medali tersebut, langsung dilaksanakan upacara penutupan Porprov ke-V Kepri tahun 2022 di Kabupaten Bintan. Penutupan ditandai dengan penurunan bendera Porprov Kepri sekaligus pemadaman api obor Porprov. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera Porprov Kepri kepada atlet peraih medali terbanyak, dan diserahkan kepada Gubernur Kepri H Ansar Ahmad.

Dari Gubernur Kepri, bendera Porprov tersebut diserahkan kepada Abdul Gani selaku Ketua KONI Lingga, sebagai tanda tuan rumah penyelenggara Porprov ke-VI Kepri tahun 2026 mendatang.

Pada saat menutup secara resmi Porprov ke-V Kepri tahun 2022, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, proses penjaringan atlet profesional melalui Porprov Kepri ini, membuktikan banyak potensi atlet berprestasi di Kepri dapat bersaing di kancah nasional dan internasional.

Baca Juga :  SMSI Batam dan Polresta Barelang Bagikan Sembako ke Warga

“Dengan jumlah 35 Cabor, dan total 1.147 medali yang diperebutkan oleh atlet dari kabupaten/kota se-Kepri, menjadi bukti bahwa generasi muda di Kepri sangat banyak yang berbakat. Harapan kita semua, kalian (atlet) dapat terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Teruslah membanggakan Kepri,” ujar Ansar Ahmad.

Pernyataan Gubernur Kepri Ansar tersebut, sontak membuat suasana semakin riuh tepuk tangan dan teriakan para atlet yang senang mendengar pernyataan gubernur. Bahkan, Ansar Ahmad menantang atlet berprestasi di Porprov Kepri ini, agar menoreh prestasi di Porwil atau Pra PON hingga ke PON 2024 di Aceh-Sumut.

Gubernur Kepri juga berpesan kepada pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri dan kabupaten/kota, ofisial, serta pelatih untuk terus memperhatikan pendidikan dan pelatihan atlet di kabupaten/kota.

“Saya berpesan, kepada pengurus KONI Provinsi Kepri, dan yang di kabupaten/kota untuk terus memperhatikan atlet-atlet kita. Terus kembangkan potensi-potensi mereka hingga dapat bersaing di kancah yang lebih tinggi,” pesan Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang. Gubernur menyatakan, atlet Kepri yang meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 mendatang akan mendapatkan bonus 350 juta.

Baca Juga :  Sycilia dan Putri Nurnilamsari Menyumbang Medali Emas buat Bintan dari Cabor Tenis Meja

“Pemprov Kepri meningkatkan jumlah bonus bagi para pemenang PON dari yang awalnya Rp250 juta menjadi Rp350 juta, bagi yang sukses meraih medali emas di PON 2024 mendatang,” sebut Ansar Ahmad.

Ketua Panitia Besar (PB) Porprov ke-V Kepri tahun 2022 di Bintan Dadang AG menyebutkan, perolehan medali dari kabupaten/kota se-Kepri dan mengumumkan tuan rumah Porprov ke-VI Kepri tahun 2026.

“Juara umum pertama yaitu Kota Batam disusul Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sebagai juara ketiga. Sesuai hasil putusan rapat KONI provinsi dan kabupaten/kota, nantinya pada tahun 2026 Porprov Kepri akan kita gelar di Kabupaten Lingga,” kata Dadang AG.

Berikut perolehan medali pada penyelenggaraan Porprov ke-V Kepri tahun 2022 di Kabupaten Bintan:

Batam: 156 emas, 78 perak, 63 perunggu
Tanjungpinang: 55 emas, 81 perak, 99 perunggu
Bintan: 53 emas, 57 perak, 83 perunggu
Karimun: 24 emas, 39 perak, 73 perunggu
Lingga: 21 emas, 38 perak, 56 perunggu
Anambas: 6 emas, 5 perak, 13 perunggu
Natuna: 3 emas, 20 perak, 37 perunggu

Baca Juga :  Pemprov Kepri Fokus Mengembangkan Kawasan Gurindam Dua Belas

Bupati Bintan yang diwakili Pj Sekda Bintan Ronny Kartika menyampaikan ucapan terima kasih dan tahniah kepada seluruh atlet yang telah menampilkan kemampuan terbaiknnya dalam mengharumkan nama daerah masing-masing. Baginya, medali yang dikalungkan merupakan simbolis keberhasilan. Namun selebihnya bukan berarti kegagalan dan akhir dari perjuangan.

Ditambahkannya, Bintan sangat berbangga hati menjadi tuan rumah dan menjamu semua kontingen yang hadir dengan segala kelebihan serta kekurangan.

“Kami memohon maaf jika ada kekurangan di sana sini. Kami berupaya sebaik mungkin untuk memberi kenyamanan bagi semua kontingen. Alhamdulillah, semua bisa dilaksanakan dan hari ini kita tutup Porprov ke-V Kepri di Bintan. Sampai jumpa di Porprov Kepri tahun 2026 di Lingga,” sebutnya.

Penutupan Porprov ke-V Kepri di Kabupaten Bintan ini dihadiri Kadispora Kepri M Iksan, pimpinan dan anggota DPRD Kepri, FKPD Kepri, Ketua KONI Kepri Usep RS, Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto dan ketua KONI kabupaten/kota se-Kepri, pimpinan FKPD Kabupaten Bintan, kepala OPD dan atlet Porprov Kepri.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat Bintan, serta rekan-rekan wartawan yang turut menyukseskan penyelenggaraan Porprov ke-V Kepri di Kabupaten Bintan ini,” kata Usep RS Ketua KONI Provinsi Kepri.***

Penulis: Red/Nurulius
Editor: Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here