free page hit counter
Natuna

Sekda Natuna Ingatkan ASN Soal Sampah

beritakepri.id, NATUNA — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi mengingatkan pegawai soal pengelolaan sampah. Hal ini disampaikan saat Upacara Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Senin (16/6/2019). Upacara ini disejalankan dengan Upacara 17 hari bulan.

Sekda menyebutkan, salah satu contoh ialah membiasan tidak membuang sampah sembarangan. Pengelolaan sampah yang dimulai dari diri sendiri akan berimbas ke perilaku hidup sehat. Ajakan ini diserukan Wan Siswandi di hadapan ratusan pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengikuti upacara.

“Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup ini, ada beberapa hal yang harus disampaikan. Namun pada dasarnya kita wajib menjaga lingkungan hidup. Memiliki keindahan alam bawah laut, menjaga lingkungan seyogyanya dipahami sebagai sebuah kebajikan yang patut dipertahankan,” terangnya.

Ia pun menyebut terumbu karang yang dimiliki Natuna, jangan sampai tercemar sampah. Sampah tidak akan dibuang kemana-mana apabila warga memiliki keinginan pengelolaan sampah yang baik.

Pengelolaan sampah, tegasnya, bukan semata-mata tugas lembaga terkait. Dengan personel yang terbatas, tidak memungkinkan lingkungan yang bersih bisa dicapai hanya dengan mengandalkan lembaga terkait.

Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab semua orang. Tentu saja skalanya juga berbeda. Sekda Wan Siswandi pun kembali menyebutkan contoh termudah mengelola sampah.

“Hal kecil yang dapat kita lakukan ialah dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) harus memberikan contoh kepada masyarakat,” katanya.

ASN harus berani menyampaikan serta mengajak masyarakat agar selalu menjaga lingkungan hidup. Ini bisa dimulai dari diri sendiri dan lingkungan masing-masing.

Di samping itu, ia mengatakan bahwa lingkungan yang baik akan mendukung pemerintah dalam membangun. Seperti halnya dalam pengembangan pariwisata Kabupaten Natuna.

“Sampah yang tersebar di mana-mana, disamping merusak lingkungan hidup juga mengganggu mata orang yang melihatnya. Jadi kita sebagai ASN ini diminta untuk menjaga itu. Caranya memperpanjangkan cerita ini terkait dengan lingkungan hidup,” lanjut Wan Siswandi.

Baca Juga :  Serasan, Pendar Terpendam di Ujung Utara

Kepada pegawai Dinas Lingkungan Hidup yang dikenal dengan pasukan kuning, Sekda Wan Siswandi memberikan apresiasinya. Mereka dinilai Sekda telah bekerja keras dalam menjaga lingkungan. Dengan membersihkan sampah khususnya di sekitaran Ibu Kota Kabupaten Natuna.(BK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *