Beranda Berita Utama Sempena Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri, Ansar Resmikan Festival Moon Cake dan...

Sempena Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri, Ansar Resmikan Festival Moon Cake dan Mural 3D Kota Lama

0
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad berbincang dengan panitia usai membuka Festival Moon Cake sekaligus melaunching Mural 3D Tanjungpinang Kota Pusaka di Jl. Merdeka, Tanjungpinang, Sabtu (10/9/2022).F-Istimewa/Kominfo Kepri

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad resmi membuka Festival Moon Cake sekaligus melaunching Mural 3D Tanjungpinang Kota Pusaka di Jl. Merdeka, Tanjungpinang, Sabtu (10/9/2022). Festival moon cake ini sekaligus membuka rangkaian acara Sempena hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022.

Pada Festival Moon Cake ini juga diadakan lomba melukis yang diikuti oleh 21 Siswa/Siswi sekolah Tanjungpinang dengan tema Suasana Kota Lama Tanjungpinang, Fashion & Foto, Podcast dan akan ditutup dengan Dinner bersama.

Dalam sambutannya, Ansar Ahmad menyampaikan festival moon cake merupakan tradisi perayaan panen pasca musim gugur bagi masyarakat Tionghoa.

“Masyarakat Tionghoa mendedikasikan acara ini untuk berterima kasih kepada Dewa atas segala hasil bumi atau nikmat yang diterima dan merupakan tradisi yang dipertahankan antar generasi,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Terima Komite Festival Film Indonesia

Ansar Ahmad berharap tradisi Moon Cake ini di Kepri dapat tetap lestari, mengingat pada saat ini anak cucu sudah berada pada masa modernisasi.

“Saya berharap festival moon cake ini di Kepri dapat terus kita selenggarakan agar tradisi ini tidak akan punah dan dapat terus lestari pada setiap generasi kedepannya,” harapnya.

Selanjutnya, Ansar Ahmad mengatakan selain acara festival moon cake ini juga diresmikan Mural untuk mempercantik kawasan kota lama Tanjungpinang. Mengingat tingginya antusias masyarakat terhadap seni Mural yang merupakan seni menggambar atau melukis di atas media dinding atau tembok ini patut diapresiasi bersama.

Baca Juga :  Ini Harta Kekayaan 34 Cakada di Provinsi Kepri

“Dengan diresmikannya seni Mural ini menunjukkan bahwa Provinsi Kepri mempunyai generasi yang kaya akan bakat dan potensi diri yang perlu diasah dan dikembangkan, salah satunya melalui wadah kesenian Mural ini,” imbuh Ansar Ahmad.

Terakhir, Ansar Ahmad menjelaskan dengan diselenggarakannya festival moon cake dan peresmian Mural ini, diharapkan dapat menghidupkan kembali dan memperkenalkan kawasan Kota Lama sebagai salah satu ikon pariwisata dan wisata multi budaya di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri.

“Saya mengajak masyarakat Kepri khususnya masyarakat Tanjungpinang untuk dapat berkontribusi dalam mendukung pembangunan di Provinsi Kepri dan bersama kita wujudkan, Ekonomi Pulih, Kepri Sejahtera,” tutupnya.

Ansar Ahmad seusai sambutannya langsung meninjau kondisi ruko-ruko dikawasan Kota Lama Jalan Merdeka yang sedang dibenahi. Revitalisasi Kota Tua merupakan salah satu proyek strategis Ansar Ahmad pada tahun anggaran 2022. Proyek senilai hampir Rp 10 miliar ini diharapkan dapat memoles wajah kota lama sehingga menjadi ikon sekaligus beranda Ibukota Kepri.

Baca Juga :  Pelayanan RS Sudah Baik, Nurdin: Tolong Ditingkatkan

Kemudian Ansar Ahmad bersama Kepala Dinas Kominfo Hasan dan Kepala Biro Adpim Dody Sepka Noviandi langsung menuju Pulau Penyengat untuk meninjau Revitalisasi Pulau Penyengat, termasuk revitalisasi Masjid Raya Sultan Riau yang resmi dimulai 22 Agustus yang lalu. Meninjau progresnya merupakan agenda rutin Gubernur Ansar hampir setiap minggu untuk memastikan pengerjaannya tepat waktu dan sesuai harapan.***

Penulis : Nurulius
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here