free page hit counter
AnambasPariwisata

Sempena HUT RI Ke 74 dan HUT Pramuka Ke 58, Saka Wanabakti Anambas Gelar Kegiatan Pengembara

Foto Pengembara di Gunung Batu Tabir Desa Tarempa Selatan

beritakepri.id, ANAMBAS – Sempena HUT RI ke 74 dan HUT Pramuka ke 58 tahun, Satuan Karya Pramuka (Saka) Wanabakti Kepulauan Anambas, bergerak di bidang cinta kehutanan dan lingkungan hidup, melaksanakan kegiatan “Pengembara” pada tanggal 13 Agustus 2019. Rabu, (14/08/2019).

Bekerja sama dengan Departemen Kehutanan melalui Perum Perhutani KPH Kepulauan Anambas, pada selasa pagi (13/08/2019) kemaren, diikuti 24 anggota Pramuka sangga. Mengambil start dari halaman kantor Pramuka jalan Patimura Kelurahan Tarempa, menuju kampung baru, batu tabir Desa Tarempa Selatan, Desa Temburun, Desa Pesisir Timur (dusun), pasir peti, Selayang Pandang (SP), sampai menuju taman bermadah kantor bupati lama kelurahan tarempa. ungkap Riko

Foto Pengembara Anggota Pramuka Anambas

Dijelaskan riko, rangkaian materi khusus disampaikan kepada calon anggota terbagi empat sangga. “Terdapat 4 materi yang disampaikan kepada calon anggota, Krida Tata Wana, Krida Reksa Wana, Krida Bina Wana dan Krida Guna Wana,” jelas sosok Pim Saka Panriko yang bertugas di Polisi Kehutanan KPHP Anambas.

Foto Tumbuhan Rafflesia Anambas

Tata Wana Adalah salah satu krida dari Saka Wanabakti, Tata yang berarti menata atau mengatur dan Wana yang berarti Hutan, jadi Tata Wana mempunyai arti menata atau mengatur kawasan hutan dan merisalah isinya. jelas singkat Pim Saka ini.

“mengajak pramuka dan generasi muda untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan kegiatan di bidang inventarisasi hutan, pengukuhan, dan penataan hutan” (red).

Sementara itu, pada Rabu, (14/08/2109) sekira pukul 08.30 WIB dilaksanakan Apel Upacara HUT Pramuka yang ke-58 di halaman kantor Bupati lama jalan imam bonjol kelurahan Tarempa. Sekaligus memberikan penyematan brevet kepada 24 anggota pramuka yang mengikuti kegiatan pengembara (kemaren). jelas, Pim Saka Panriko kepada media beritakepri.id.

Baca Juga :  Menteri Susi Ingin Anambas Jadi Pionir Utama Industri Perikanan dan Pariwisata Berkelanjutan

Riko berharap, kegiatan ini akan terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.
“kami saka wanabakti kepulauan anambas, akan memberikan bimbingan yang terbaik kepada adek-adek pramuka di Anambas”. harap dia.

Terpisah dari itu, Herzuandi, Majelis Pembina Saka Wanabakti Kepulauan Anambas, mengatakan, ucapan terima kasih kepada Kwartir Cabang (kwarcab) Kepulauan Anambas dan Saka Wanabakti yang sudah memberikan pengetahuan kepada anggota pramuka Anambas.

Dalam kegiatan itu memberikan edukasi dan pengenalan potensi kehutanan yang ada di anambas. Hal itu, juga untuk memperkenalkan tumbuhan di hutan, pohon kayu, dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, saka wanabakti juga memberikan edukasi tentang pengurangan pemakaian bahan-bahan limbah plastik. ungkap Majelis Pembina Saka Wanabakti.

“Kegiatan pengembara pertama sekali di laksanakan di Kepulauan Anambas”. tutup nya

(BK/Lionardo)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *