Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma didampingi Kadispora Tanjungpinang Djasman dan jajaranya usai menerima penghargaan penetapan Tanjungpinang Layak Pemuda.

Pemko Tanjungpinang mendapat predikat sebagai Kota Layak Pemuda (KLP) Pratama 2019. Penghargaan diterima Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma didampingi Kadispora Tanjungpinang, Djasman di Jakarta, Senin (28/10) malam.

Penghargaan diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali yang juga dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Untuk diketahui, program KLP merupakan penghargaan dari Kemenpora bidang Pengembangan Pemuda yang diberikan kepada daerah yang dimulai 2016 lalu.

Kadispora Tanjungppinang, Djasman menuturkan, penetapan Tanjungpinang sebagai KLP melalui tahapan yang diberlakukan. Diantaranya penilaian langsung oleh tim dari perguruan tinggi, tokoh pemuda, tim Kemenpora, tokoh budaya dengan memperhatikan beberapa kriteria.

Baca Juga :  Wali Kota Tanjungpinang Syahrul Berpulang, Dimakamkan Bersebelahan dengan HM Sani

Diantaranya, kebijakan pemerintah yang saat ini sudah membuat Ranperda, program kepemudaan yang semuanya telah dilakukan dari 2018 sampai 2019. Tentunya bukan hanya dari pemerintah daerah namun juga dilihat dari keterlibatan stakeholder ikut memberdayakan kepemudaan di Tanjungpinang.

“Mulai dari pemerintah, swasta, OKP, BNN, KPAids, Patria, Kwarcab, PPI, PPMI, GENBI serta unsur lainya,” ucapnya.

Kabid Pemuda Dispora Tanjungpinang, Hermawan juga ikut mendampingi menerima penghargaan itu menuturkan, Pemko Tajungpinang melalui OPD terkait selalu turut serta mengirimkan atlet bertanding. Bukan hanya tingkat provinsi namun juga nasional.

Selain itu, masuk dalam penilaian yaitu komitmen pemerintah membangun infrastruktur seperti Bumi perkemahan serta rencana membangun gelanggang pemuda di Senggarang. Rencannya bangunan tersebut sebagai multifungsi kegiatan beberapa cabang olahraga.

Baca Juga :  Terkait Corona, Syahrul Ajak Masyarakat Ikuti Aturan dan Beraktivitas di Rumah

Serta ada program lintas OPD yaitu program pemberdayaan bagi pemuda, seperti Dispar, Diperindaging dan beberapa lainnya.

Hj Rahma menuturkan, penghargaan Kota Layak Pemuda sebagai bukti pemerintah ikut mendorong dan memberikan ruang seluas-luasnya bagi pemuda berprestasi dalam bidang olahraga.

Bukti tersebut dapat dilihat dari adanya pelatihan rutin terjadwal bagi atlet untuk beberapa cabang olahraga. Selain itu, rencana pembangunan GOR yang tentunya menjadi wadah bagi pemuda berlatih nantinya.

Ia menuturkan, banyak hal yang ingin dicapai dalam bidang olaharga. Harapannya anak-anak muda Tanjungpinang selain berprestasi dalam bidang akademis juga dalam hal lainnya termasuk olahraga.

Baca Juga :  Kelulusan Siswa SMP Diumumkan 5 Juni Secara Online

Diyakininya bila ditekuni dengan serius, dunia olahraga juga bisa memberikan kesuksesan. Bahkan tak jarang yang bertanding bukan hanya tingkat nasional namun juga internaisonal.

“Saya berharap lahir generasi penerus yang mampu menembus dunia olahraga hingga tingkat nasional dari berbagai cabang olahraga,” tuturnya.

Terkait ketersediaan sarana saat ini diyakini masih terbatas, namun terus diupayakan untuk dimaksimalkan. Apakah akan menafaatkan bangunan yang ada atau melakukan pembangunan sesuai kemampuan anggaran.***

Narasi dan Foto : Istimewa

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here