Beranda Politik Terobosan Sosialisasi Bawaslu Dapat Apresiasi

Terobosan Sosialisasi Bawaslu Dapat Apresiasi

0
Semarak flashmob zapin dalam Parade Obor Demokrasi Indonesia yang diselenggarakan Bawaslu, Sabtu (20/5/2023) di Tugu Sirih Tanjungpinang.F-Istimewa

Semarak Parade Obor Demokrasi Indonesia

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Pilihan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang untuk menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif di area terbuka mendapatkan apresiasi dari khalayak luas. Sosialisasi berbasis pertunjukan bertajuk Parade Obor Demokrasi Indonesia yang digelar pada, Sabtu (20/5/2023) di area Tugu Sirih Tepi Laut berhasil menyita atensi publik dari beragam kalangan. Mulai dari simpatisan partai politik, mahasiswa, serta masyarakat umum.

“Ini bukan suatu jenis acara yang biasa digelar oleh Bawaslu, tapi Bawaslu Kota Tanjungpinang telah membuktikan pentas pertunjukan semacam ini bisa menjadi medium untuk bersosialisasi,” ujar Mariyamah, perwakilan dari Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Upacara HUT ke-76 RI di Batam Berlangsung Khidmat

Mariyamah menambahkan terobosan kreatif seperti ini perlu ditiru oleh Bawaslu kabupaten/kota lain yang ada di provinsi Kepri. Karena, menurutnya, pendekatan sosialisasi ini semacam ini mampu menjangkau audiens lebih luas.

“Dan (sosialisasi ini) dikemas dalam paket yang menghibur. Saya kira ini yang penting,” ujarnya.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma juga mengapresiasi hajatan Parade Obor Demokrasi Indonesia. Parade mengarak obor yang diikuti oleh seluruh parpol peserta politik, kata Rahma, melambangkan kerukunan dalam keragaman yang harus sama-sama dijunjung menyongsong pesta demokrasi Pemilu 2024.

“Tadi, bapak dan ibu dari parpol sudah menunjukkan kekompakan yang luar biasa meski seragamnya berbeda. Saya harap pemandangan positif seperti ini juga terjaga sampai hari pemilihan nanti demi pemilu yang damai dan berintegritas di Tanjungpinang,” kata Rahma, yang juga berkesempatan melepas rombongan parade di garis start.

Baca Juga :  PKF Provinsi Kepulauan Riau Amanatkan Kaka Rudi Maju Pilgub Kepri 2024-2029

Parade Obor Demokrasi Indonesia yang disempenakan dengan Hari Kebangkitan Nasional ini memang menyita perhatian publik Tanjungpinang. Rangkaian kegiatannya dimulai dari pengarakan obor dari Mal Pelayanan Publik sampai area Tugu Sirih. Lalu, dilanjutkan dengan pentas pertunjukan kesenian, seperti tari kreasi, drumband, talkshow, berbalas pantun kreatif, flashmob zapin, dan musik. Ditambah pula telah disediakan ragam hadiah hiburan bagi peserta yang beruntung.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini, mengaku bahagia agenda Parade Obor Demokrasi Indonesia mendapatkan apresiasi yang positif. Ia berharap, agenda ini menjadi awalan yang baik bagi semua pihak untuk turut menyukseskan Pemilu 2024. Apalagi, tambah Zaini, kebanyakan peserta yang hadir adalah mahasiswa dan masyarakat umum.

Baca Juga :  Forum Komunikasi RT RW Kelurahan Batu IX Siap Gelar Turnamen Bola Volly Cup ke 2

“Mereka yang kami harapkan dapat terlibat aktif dalam pengawasan pemilu, sehingga pesta demokrasi di Tanjungpinang berlangsung sukses, damai, dan menggembirakan. Itu harapan kita semua,” pungkas Zaini.***

Penulis : Red
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here