beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah mengatakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan terus berkomitmen dan mendorong agar terus tumbuh dan berkembangnya pondok tahfidz yang akan menghasilkan hafiz dan hafizah di Kepri.

“Hafidz dan hafizah tidak akan tumbuh dan berkembang tanpa dukungan dari Pemerintah Daerah. Oleh karena itu dibawah kepemimpinan Gubernur kita, Pak Nurdin, dirinya sangat konsen terhadap hal ini. Beliau menyadari bahwa agama adalah pondasi utama dalam pembentukan karakter generasi penerus yang bisa membawa perubahan yang lebih baik untuk diri sendiri, keluraga, bangsa dan Negara,” kata Arif saat memberikan sambutan pada acara Khatam Al-Qur’an dan Buka Puasa bersama Keluarga Besar DKM Masjid Raya Nur Ilahi di Dompak, Tanjungpinang, Kamis (31/5).

Baca Juga :  Honor Guru Non ASN Diharapkan Menjadi Prioritas

Arif juga berharap Masjid kebanggaan Provinsi Kepri ini juga turut berkontribusi dalam menghasilkan para hafidz walaupun dalam skala yang kecil.

“Selaku dewan Pengarah DKM Masjid Raya Nur Ilahi, saya juga punya impian agar di masjid ini ada juga memiliki lembaga tahfidz. Targetnya anak-anak sekolah, 20 orang mungkin cukup. Program belajar Al-Qur’annya mungkin setelah Ashar hingga menjelang Magrib. Ini sudah dilakukan oleh Masjid Pertamina di Banjarmasin, saya melihatnya langsung ketika ada kunjungan kesana. Semoga bisa kita terapkan disini,” harap Arif.

Terkait kekurangan imam hafidz di beberapa masjid di Wilayah Kepulauan Riau, Arif mengatakan bahwa saat ini Masjid Nur Ilahi terus melakukan pembinaan para imam agar bisa diperbantukan ke masjid-masjid yang membutuhkan.

Baca Juga :  Fraksi DPRD Kepri Beri Catatan LPP APBD 2017

“Imam kita saat ini ada 12 orang. Kita menyadari bahwa jumlah ini sangat kecil dibandingkan dengan jumlah kebutuhan imam secara keseluruhan di Kepri. Namun saat ini terus dewan masjid terus melakukan pembinaan agar bisa bertambah jumlah imam yang hafidz yang diperbantukan di setiap Masjid,” ucap Arif.

Selain kegiatan buka puasa bersama, pada kesempatan ini disejalankan juga dengan pemberian santunan kepada para pengurus masjid, mulai dari imam, bilal, petugas keamaan, hingga petugas kebersihan.

“Terimakasih saya ucapkan kepada semua pengurus Masjid Raya Nur Ilahi yang telah terlibat dan membantu kegiatan, baik pada bulan Ramadhan ini hingga pada penyelenggaraan Sholat Ied nantinya. Sedikit bantuan ini semoga dapat membantu meringankan beban, dan semoga apa yang saudara lakukan dengan menjaga rumah Allah ini akan mendapatkan balasan terbaik,” Ujar Arif.

Baca Juga :  SMSI dan PWI Serahkan Bantuan Dana untuk Korban Bencana Sulteng

Pada akhir kesempatan Arif berpesan kepada segenap pengurus Masjid agar terus berinovasi melakukan berbagai kegiatan dan program untuk menarik minat para jamaah untuk memakmurkan Masjid kebanggan Kepri ini.

“Kita sadar bahwa Masjid kita ini memang agak jauh dari pemukiman, sehingga terlihat agak sepi jika tidak ada acara atau kegiatan di Masjid. Oleh karena itu sebagai pengurus kita harus terus berpikir kreatif dan inovatif dalam rangka mendatangkan para jamaah ke Masjid,” tutup Arif. (BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here