beritakepri.id, Batam — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam meluncurkan program 3 in 1. Yaitu penerbitan akta kelahiran, sekaligus kartu identitas anak (KIA), dan Kartu Keuarga (KK).

“Jadi anak nanti akan langsung dapat akta kelahiran, masuk dalam KK orangtua, dan mendapatkan KIA,” kata Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar di Sekupang, Kamis (26/2).

Program inovatif ini, sambungnya, bertujuan untuk mempercepat proses pengurusan dokumen kependudukan. Sehingga masyarakat tidak repot bolak-balik mengurus dokumen satu per satu.

“Kami paham tak semua orang tua miliki waktu bebas untuk urus dokumen. Jadi dengan program ini kami harap orang tua cukup sekali datang, semua berkas selesai,” tuturnya.

Baca Juga :  Demi Kelancaran Pilkada, Isdianto Serahkan Hibah dan APD

Sebelum ini, penerbitan KIA dilaksanakan melaui taman kanak-kanak (TK). Pendataan bekerja sama dengan pihak kecamatan. Pada tahap awal, tiap kecamatan mendapat kuota lima TK. Said mengatakan melalui pendataan di TK, Disdukcapil sudah menerbitkan 4.362 KIA.

“Sekarang kami perluas lagi jangkauannya. Anak yang baru lahir bisa langsung dapat KIA,” kata dia.

KIA ini dibagi menjadi dua tipe. Yaitu untuk anak 0-5 tahun dan 5-17 tahun. Masa berlaku KIA ini adalah sampai anak berusia 17 tahun. Karena begitu masuk usia 17 tahun, akan berganti menjadi Kartu Tanda Penduduk (KTP).(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here