Beranda Berita Utama Usai Direvitalisasi, Anjungan Kepulauan Riau di TMII Siap Sambut G20

Usai Direvitalisasi, Anjungan Kepulauan Riau di TMII Siap Sambut G20

0
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad foto bersama usai meresmikan Revitalisasi Anjungan Provinsi Kepulauan Riau di Taman Mini Indonesia Indah (TMMII), Kamis (13/10/2022).F-Kominfo Kepri

beritakepri.id, JAKARTA-Revitalisasi Anjungan Provinsi Kepulauan Riau di Taman Mini Indonesia Indah (TMMII) telah rampung dikerjakan. Kini Anjungan Kepulauan Riau siap menjadi representasi daerah Kepulauan Riau untuk dikunjungi peserta G20 maupun masyarakat Indonesia setelah diresmikan Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, Kamis (13/10/2022).

Ansar Ahmad dalam sambutannya mengatakan proses revitalisasi Anjungan Kepulauan Riau di TMII dilakukan untuk menyambut perhelatan G20 dimana Indonesia menjadi presidensi utama G20 dan TMII menjadi salah satu lokasi untuk dikunjungi para delegasi G20. Adanya Anjungan Kepulauan Riau pun menjadi salah satu dukungan utama sekaligus menjadi sarana pengenalan Kepulauan Riau untuk Indonesia dan kalangan mancanegara secara luas.

“Berkat adanya kegiatan G20, maka semua aset negara yang berada disini (TMII) telah direvitalisasi begini indah, dan ini juga salah satu representasi Indonesia di mancanegara di negara-negara yang lain, yang bisa melihat miniatur Indonesia termasuklah Kepri ini,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Tinjau Penanganan Bencana di Lembata, Jokowi Pastikan Kebutuhan para Pengungsi Tercukupi

Berdirinya Anjungan Kepulauan Riau yang telah rampung direvitalisasi di TMII menurut Ansar Ahmad dapat menjadi tempat untuk menggelar berbagai kegiatan mempromosikan Provinsi Kepri. Seperti seni pertunjukan, pameran, expo, dan etalase produk UMKM dari Kepri agar lebih dikenal.

Ansar Ahmad pun mengucapkan apresiasinya kepada Bank Bukopin, karena berkat dana tanggung jawab sosial atau Corporatie Social Responsibility (CSR) dari Bank Bukopin maka revitalisasi Anjungan Kepulauan Riau bisa terwujud. Meski revitalisasi telah rampung, Ansar Ahmad menjanjikan akan menambah lebih banyak ornamen Melayu di Anjungan Kepulauan Riau untuk menambah ciri khas kedaerahan.

Baca Juga :  Siswa SMA 26 Batam Dilatih Jurnalistik dan Literasi

“Karena kondisi anggaran berjalan di tengah tahun, maka kita cari CSR-nya dan Alhamdulillah Bukopin berkenan membantu CSR untuk revitalisasi ini sehingga hari ini kita saksikan bangunan ini sudah selesai,” kata Ansar Ahmad.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Kepri Endrie Djoko Satrio mengungkapkan setelah dua tahun tutup akibat pandemi Covid-19, mulai November 2022 TMII mulai dibuka kembali. Anjungan Kepulauan Riau pun siap mendukung seluruh kegiatan yang digelar di TMII utamanya dalam perhelatan G20.

Tidak hanya revitalisasi Anjungan Kepulauan Riau di TMII, saat ini Pemprov Kepri tengah merenovasi kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi Kepri untuk menjadi rumah singgah di Jakarta bagi masyarakat Kepri yang sedang berobat rujukan di Jakarta. Rumah singgah tersebut akan dilengkapi dengan empat puluh tempat tidur dan fasilitas lift dan ambulans.

Baca Juga :  Perkuat Jaringan Regional, Malindo Air Perkenalkan Da Nang, Destinasi Ketiga di Vietnam

Turut hadir dalam pembukaan kembali Anjungan Kepulauan Riau ini yaitu Deputi Presiden Direktur PT Bank Bukopin Tbk Roby Mondong, Executive Vice President PT TWC TMII Emiliana Eni Utari, Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Syariah Jakarta Syahrul, Ketua BP3KR Andalisa Rohana, Ketua KPKRJ Oki Rasman, dan sejumlah Kepala OPD Provinsi Kepulauan Riau.***

Penulis : Nurulius
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here