Beranda Kepri Karimun Zai Zulfikar Minta Pemda Cermati Isu Pengangguran

Zai Zulfikar Minta Pemda Cermati Isu Pengangguran

0
Ketua Fraksi Gerindra Zai Zulfikar.F-D Tambunan

beritakepri.id, KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun diminta mencermati isu pengangguran saat ini dan harus jadi perhatian serius.

Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Gerindra Zai Zulfikar. Hingga saat ini juga perlu mendapat perhatian mengingat pengangguran berkaitan dengan kemiskinan.

“Kenapa demikian, karena berdasarkan data Pusat Data Statistik Kabupaten Karimun per agustus tahun 2021 menunjukkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 7,20 %” kata Zai Zulfikar, Rabu (24/05/2023).

Melihat kondisi tersebut, maka penanganan pengangguran berfokus pada upaya perlindungan, pemberdayaan dan pengembangan kelompok petani, nelayan, masyarakat terkena PHK, anak putus sekolah dan sektor UMKM.

Baca Juga :  Karimun Kumpulkan 25 Medali, Barongsai Sumbang Empat Medali Emas

Selain itu, perlu diupayakan perluasan kesempatan kerja dan lapangan usaha, peningkatan kualitas calon tenaga kerja melalui peningkatan kualitas prasarana sarana dan Pelatihan Kerja, pendidikan yang berorientasi pasar kerja.

Kemudian pengembangan informasi pasar kerja, serta pengembangan wirausaha baru sektor UMKM berbasis sumber daya lokal termasuk kewirausahaan di kalangan pemuda.***

Penulis : D Tambunan
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here