Beranda Galeri Foto Hadiri Musrenbang Kecamatan, Dewan Bintan Kawal Pembangunan

Hadiri Musrenbang Kecamatan, Dewan Bintan Kawal Pembangunan

0
Wakil Ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti saat memberikan sambutan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan ikut menghadiri acara musyawarah rencana pembangunan (musrembang) tingkat Kecamatan Toapaya yang digelar di Aula Kantor Camat Toapaya, Senin (7/2/2022).

Para legislator itu hadir untuk mengawal pembangunan agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Komitmen ini dilakukan agar arah pembangunan di Kabupaten Bintan bisa bermuara kepada kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti yang juga perwakilan dari Dapil 1 (Toapaya, Teluk Bintan, Gunung Kijang dan Teluk Sebong) menyampaikan, agar usulan dari musrembang ini benar-benar yang bermanfaat buat kepentingan masyarakat.

Ia juga mengutarakan jika keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Bintan bukan memang menjadi perhatian. Namun kata Fiven, hal itu bukan suatu penghalang. “Karena memang ada beberapa kegiatan yang besar-besar itu di cover oleh provinsi dan APBN,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sidak Pelabuhan Batam Centre Hingga Rapat dengan Manajemen RSUD Embung Fatimah

Menurutnya, beberapa daerah di Kabupaten Bintan menjadi langganan banjir saat musim penghujan. Sehingga, beberapa program yang diusulkan seperti normalisasi saluran air dan pembangunan drainase menjadi prioritas.

“Seperti di Toapaya, ada normalisasi saluran air yang sudah dicover oleh provinsi. Jadi memang kita terus berusaha agar semua usulan dari masyarakat bisa terealisasi,” katanya.

Sementara itu, rekannya Siti Maryani mengungkapkan keinginan DPRD Bintan agar pembangunan dimasa pandemi juga terfokus pada pemulihan ekonomi masyarakat. Ia menginginkan agar Pasar Tani yang ada di Kecamatan Toapaya bisa dikembangkan sebagai sentral pertanian khususnya di Kecamatan Toapaya.

Baca Juga :  Bintan Bentuk Satgas Percepatan Penanganan Virus Corona

“Memang sektor pertanian menjadi fokus kita untuk terus dikembangkan, karena memang potensinya sangat luar biasa termasuk sektor-sektor lainnya,” terangnya.

Politisi dari Dapil 1 ini juga menginginkan agar infrastruktur jalan yang dapat menunjang sektor pertanian, perikanan dan sebagainya bisa menjadi prioritas dalam pembangunan.

Sebab, bila petaninya maju Siti yakin masyarakatnya juga akan maju dan berkembang.

“Karena ini penting agar sektor-sektor potensial yang ada di Kabupaten Bintan bisa berkembang,”

Sementara itu, Camat Toapaya Nepy Purwanto menyebutkan jika ada 7 usulan dari masing-masing kelurahan/desa yang ada di Kecamatan Toapaya. Menurutnya, usulan dari setiap kelurahan/desa beragam.

Baca Juga :  Usai Resmikan GOR Adhyaksa, Isdianto Sambut Panglima & Kapolri

“Dari masing-masing kelurahan/desa ada 7 usulan prioritas yang dibawa ketingkat musrembang kecamatan,” sebutnya.

Selain itu, Nepy menyebutkan ada 5 usulan dari kecamatan yang dimasukkan untuk dibawa ke musrembang tingkat Kabupaten. “Totalnya jadi ada 33 usulan prioritas yang akan kita bawa ke kabupaten, semoga bisa terealisasi semuanya,” ungkpanya.

Dalam sidang paripurna itu juga dihadiri sejumlah kepala OPD Bintan, lurah dan kepala desa, BPD, LPM, tokoh masyarakat di Kecamatan Toapaya. ***

Narasi & Foto : Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here