free page hit counter
Tanjungpinang

Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Kota Wakili Tanjungpinang di Tingkat Provinsi

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan lomba masak ikan dan lomba cipta menu B2SA Tingkat Kota Tanjungpinang, di lapangan Pamedan A. Yani, Kamis (11/7).

Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, S. Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan ketahanan pangan dan perikanan ke depan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan masyarakat Kota Tanjungpinang dalam memanfaatkan kesempatan dan peluang untuk percepatan pembangunan melalui upaya pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.

“Kegiatan ini akan diperoleh variasi menu serba ikan yang beragam dan inovatif sebagai sajian menu keluarga sehari-hari dan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan memasak para peserta khususnya anggota PKK. Juga dengan menyebarluaskan informasi olahan masakan berbahan baku ikan dan sumberdaya lokal kandungan gizi serta manfaat yang diperoleh,” ujar Syahrul.

Syahrul berpesan kepada dinas teknis dan instansi terkait untuk dapat koordinasi dan kerjasama sekaligus mengadakan pengawasan dalam pengelolaan sumber daya alam yang terbatas ini secara bijak dan tetap berpihak pada pemakaian ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan lomba masak ikan dalam lomba B2SA ini akan memberi manfaat bagi kita semua,” tutup Syahrul.

Kepala DP3 Kota Tanjungpinang Drs. H. Ahadi mengatakan bahwa penyelenggaraan lomba Cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) dan lomba memasak ikan adalah untuk mendukung program ketahanan pangan nasional dan program nasional gerakan memasyarakatkan makan ikan gemar makan ikan.

“Kegiatan ini secara tidak langsung memperkenalkan keanekaragaman masakan berbasis lokal dan berbahan baku ikan kepada masyarakat Kota Tanjungpinang. Dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan dan pangan B2SA dan peningkatan konsumsi ikan sebagai salah satu sumber protein,” ungkap Ahadi.

Baca Juga :  Pastikan Masyarakat Jadi Prioritas

Ahadi berharap agar peserta mampu membuat dan menyajikan makanan untuk keluarga, balita dan makanan kudapan yang berbahan baku ikan serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

Lomba cipta menu B2SA dan lomba memasak ikan diikuti masing-masing oleh 8 tim penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tanjungpinang yang total jumlahnya 16 tim.

Diakhir acara juga diumumkan peserta yang akan mewakili Kota Tanjungpinang mengikuti lomba B2SA dan Lomba memasak Ikan tingkat Provinsi Kepri yaitu Kecamatan Tanjungpinang Kota dan Kecamatan Tanjungpinang Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019 mendatang.(BK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *