Beranda Kepri Karimun Resmi Kelola Pelabuhan Tanjungbatu Kundur, Ini Kata Bupati Karimun

Resmi Kelola Pelabuhan Tanjungbatu Kundur, Ini Kata Bupati Karimun

33
0
Bupati Karimun Aunur Rafiq

beritakepri.id, KARIMUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun resmi mengambil alih pengelolaan pelabuhan domestik Tanjung Batu Kundur dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri).

Hal tersebut ditandai dengan serah terima fasilitas pelabuhan Tanjungbatu Kundur oleh Plh Gubernur Kepri, TS Arif Fadillah ke Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah di ruang rapat utama kantor Gubernur Kepulauan Riau, Rabu (10/2/2021) lalu.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, pihaknya akan menyerahkan pengelolaan pelabuhan domestik Tanjungbatu Kundur ke Dinas Perhubungan (Dishub).

Namun, dirinya menyebut Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun nantinya juga akan mengelola salah satu pelabuhan tersibuk di Karimun tersebut.

Baca Juga :  Isdianto Inginkan Masyarakat Sehat dan Produktif

“Kita serahkan ke Dishub, nantinya apabila akan dikelola oleh BUP Karimun itu tidak akan seluruhnya,” ujar Aunur Rafiq, Jum’at (5/3/2021).

Lebih lanjut, Rafiq menyebut sebagai langkah awal pihaknya akan fokus untuk menjamin perawatan fasilitas pelabuhan domestik Tanjungbatu Kundur.

Sehingga, kata dia, akan terwujudnya pelayanan yang baik kepada masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut melalui pelabuhan tersebut.

“Pelayanan yang baik di pelabuhan ini tentu akan meningkatkan pemasukkan untuk daerah kedepannya melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ucap Rafiq.

Baca Juga :  Aunur Rafiq akan bangun Lapangan Futsal di Kecamatan Ungar 2021

Sambungnya, Rafiq mengaku sudah bertemu dengan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad mengenai pengelolaan pelabuhan kebanggan masyarakat Pulau Kundur itu.

Bahkan, Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad juga meminta Pemkab Karimun untuk mencarikan lokasi untuk membangun pelabuhan bongkar muat di Pulau Kundur pada tahun 2022 mendatang.

Mengingat, lokasi pelabuhan bongkar muat yang tepat berada di samping Pelabuhan Domestik Tanjungbatu Kundur itu dinilai oleh masyarakat kurang representatif.

“Rencana kita lokasinya di Parit Mataram, Sungai Ungar. Nantinya, akan kita kembangkan menjadi pelabuhan bongkar muat melalui program APBN,” jelas Rafiq.

Baca Juga :  Libur Isra Miraj dan Nyepi, ASN Pemkab Karimun Diimbau Tidak Keluar Daerah

“Sebelumnya, kita berencana di Sengko, Gading Sari. Hanya saja, ternyata itu kawasan hijau jadi kita pindahkan,” tambahnya. (BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here