Plt. Gubernur Kepri, Isdianto membayar zakat.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepri Mustamin Husein mengungkapkan, sepanjang tahun 2019 jumlah dana zakat mal yang terkumpul di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri sebesar Rp 5,113 miliar.

“Dari jumlah tersebut, Baznas Kepri sudah menyalurkan sekitar Rp 4,6 miliar,” katanya, Jumat (15/5/2020).

Menurutnya, jumlah zakat mal yang terkumpul tersebut baru di lingkup Pemprov Kepri saja. Sementara, total zakat mal yang terkumpul seluruh kabupaten/kota se-Sepri sebesar Rp36,189 miliar.

“Jumlah zakat di Kepri setiap tahun naik sekitar 20 hingga 25 persen,” katanya.

Baca Juga :  Rumah Quran dan Tahfidz S. Abdurrahman M.S. II Diresmikan

Selain itu, lanjut Mustamin, sesuai dengan arahan Baznas pusat, bahwa tahun ini seluruh Baznas di daerah difokuskan dalam bantuan dampak COVID-19. Oleh karenanya, sejak Maret lalu Baznas Kepri sudah menyediakan 1.000 paket logistik, sanitiser, dan masker yang disalurkan kepada masyarakat terdampak COVID-19.

“Hingga saat ini kami sudah membagikan 400 paket di Tanjungpinang dan Batam. Sementara sisanya akan terus dibagikan menjelang idul fitri,” katanya.

Ia juga menambahkan, dalam hal bantuan ini pihaknya juga berkoordinasi dengan kabupaten/kota. Bahkan, dana yang terkumpul diseluruh kabupaten/kota se-Kepri untuk bantuan COVID-19 sebesar Rp 1,2 miliar.(BK/PM/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here