Beranda Kepri Karimun STQ Karimun 2021, Pawai Ta’aruf dan Pameran Ditiadakan

STQ Karimun 2021, Pawai Ta’aruf dan Pameran Ditiadakan

22
0
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim

beritakepri.id, KARIMUN –Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tahun ini di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau akan digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Agenda rutin STQ baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten seperti Pawai Ta’aruf dan Stand Pameran diketahui akan ditiadakan.

Tidak hanya itu, acara malam pembukaan dan penutupan STQ yang identik digelar di lapangan kini harus digelar di dalam ruangan dengan jumlah hadirin yang terbatas.

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim mengatakan, pandemi COVID-19 yang masih melanda menjadi penyebab digelar berbedanya STQ tersebut.

Baca Juga :  Anak, Menantu dan Cucu Positif Covid-19 di Karimun

“Jika di lapangan seperti tahun lalu, kita khawatir terjadi kerumunan, maka kami menganjurkan di dalam ruangan agar protokol kesehatannya seperti jaga jarak bisa dilakukan,” ujar Anwar Hasyim, Kamis (4/2/2021).

Anwar Hasyim menyebutkan, STQ di tingkat kecamatan akan dilaksanakan mulai 10 Februari 2021 hingga 6 Maret 2021.

Sementara, pelaksanaan STQ tingkat Kabupaten Karimun akan dilaksanakan pada 15 Maret 2021 hingga 18 Maret 2021.

“Tahun ini, tuan rumah STQ tingkat Kabupaten Karimun adalah Kecamatan Kundur,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, cabang yang diperlombakan didalam STQ baik kecamatan dan kabupaten juga berbeda dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Musrenbang Provinsi Bersinergi dengan Kabupaten Karimun

Untuk STQ di tingkat kecamatan akan memperlombakan cabang Tahfidz atau Tartil, Tahfidz Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an dan Syarhil Al-Qur’an.

Kemudian, STQ tingkat kabupaten akan memperlombakan Tilawah Al-Qur’an, Tahfidz Al-Qur’an, Tafsir Bahasa Arab dan Hadist.

“Ada sejumlah cabang yang tidak dilombakan seperti Khattil Al-Qur’an. Penyebabnya, karena disesuaikan dengan kondisi saat ini dan memang tidak diperlombakan di tingkat provinsi,” ucap Anwar.

Terakhir, orang nomor dua di Karimun ini berharap agar masyarakat dapat memahami digelar berbedanya STQ akibat kondisi yang terjadi saat ini.

Baca Juga :  “Ladu Karimun” Siap Rambah Pasar Lokal dan Mancanegara, Raja Azmah: Produk UMKM Potensial

Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Karimun.

“Ini adalah upaya kita agar STQ tahun ini berjalan sukses dan panitia, peserta, hingga masyarakatnya juga dalam keadaan sehat, kita tidak ingin pelaksanaan ini justru nantinya menimbulkan penyebaran COVID-19,” ucap Anwar Hasyim.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here