Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS.Arif Fadillah.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengalami krisis jabatan eselon II. Akibatnya, sejumlah jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kepri, saat ini kosong dan diisi Pelaksana Tugas (Plt).

Kekosongan jabatan kepala OPD Pemerintah Provinsi Kepri itu, selain akibat ditinggal pejabatnya yang pensiun, juga disebabkan, pejabat yang mengajukan mutasi. Sementara untuk pengisian jabatan, hingga saat ini belum dapat dilakukan, karena tersandung status gubernur Kepri yang saat ini masih sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri TS.Arif Fadillah mengatakan, Pemprov Kepri belum dapat melakukan pengisian sejumlah jabatan OPD yang kosong di Kepri itu, karena status Gubernur Kepri yang saat ini masih sebagai pelaksana tugas (Plt).

Baca Juga :  Pelestarian Budaya Lewat Parade Tari

“Itu yang menjadi masalah kita. Kalau gubernur kita sudah definitif dan tidak Plt lagi, mungkin kita bisa gerak cepat,” kata Arif Fadillah belum lama ini pada wartawan.

Akibat gubernur masih berstatus Plt, lanjut Arif, setiap melakukan open bidding, pemerintah provinsi wajib memperoleh rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dan untuk mengusulkannya, diperlukan status Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Gubernurnya yang definitif.

Sementara mengenai kapan Plt Gubernur Isdianto dilantik menjadi Gubernur Kepri definitif, hingga saat ini, kata Arif, Pemprov Kepri belum mendapatkan kepastian dari Kemendagri.

Baca Juga :  Isdianto Sampaikan LKPj TA 2019, Berikut Gambarannya

“Kalau nanti sudah definitif baru kita action (open bidding). Tapi pelaksanaan open bidding itu juga nanti perlu izin dari Bawaslu,” ujar Arif.

Berdasarkan data yang dihimpun ada sekitar 16 jabatan yang kosong serta akan ditinggalkan pejabat yang masuk masa pensiun pada 2020 ini.

Berikut 10 OPD yang saat ini mengalami kekosongan jabatan dan diisi oleh pejabat Pelaksana tugas (Plt) :

1. Asisten I Pemerintahan
2. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM)
3. Dinas Kelautan dan Perikanan
4. Inspektorat
5. Dinas Kesehatan
6. Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan (Baretlitbang)
7. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)
8. Biro Ekonomi
9. Biro Humas dan Protokol
10.Dirut RSUP Raja Ahmad Tabib

Baca Juga :  Rahma Turun, SPBU KM 7 Bebas Genangan Air

Berikut pejabat eselon II Pemprov Kepri yang memasuki masa pensiun pada 2020 ini:

1. Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tagor Napitupulu.
2. Staff Ahli Heru Sukmoro
3. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Muramis
4. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jamhur Ismail
5. Kepala Satpol PP, Subandi
6. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Nilwan.(BK/PM/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here