beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Pelaksanaan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) dan berbasis Kertas Pensil (UNKP) pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara Nasional akan dimulai pada hari Senin (25/3) pagi. Sesaat sebelum dimulai serentak pada pukul 07.30 wib, Gubernur H Nurdin Basirun bergegas menuju SMKN 2 Tanjungpinang di Jl. Pemuda, untuk memonitor langsung pelaksanaan agenda tahunan yang diperuntukan bagi siswa-siswi kelas XII tersebut.

Nurdin dalam arahan singkatnya mengatakan salah satu kunci utama agar pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan lancar adalah ketenangan.

Baca Juga :  Juwariyah Harapkan PKK Jadi Pilar Keluarga Sejahtera

“Ketenangan sangat dibutuhkan dalam menjalankan setiap rangkaian ujian. Kalau kita tenang insyaAllah apa yang telah adik-adik pelajari selama sebelum ujian akan menjadi modal untuk menjawab soal,” ujar Nurdin.

Gubernur pun yakin bahwa anak-anak di Kepri mampu untuk menuntaskan Ujian Nasional dengan target lulus 100 persen sebagaimana yang selalu digaungkan di sekolah-sekolah setiap tahunnya.

“Tahap persiapan memang paling utama, siswa harus belajar dengan giat dan para guru pun harus terus memberikan motivasi dan bahan ajar yang maksimal dan yang paling penting adalah terus berdoa,” lanjut Nurdin.

Baca Juga :  Desa Sungai Besar Panen Padi Lagi

Pemerintah pun dikatakan Nurdin terus meningkatkan kualitas pendidikan di semua lini sehingga terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas sebagai tonggak penerus masa depan.

“Pemerintah akan terus berusaha menciptakan fasilitas pendidikan berupa sarana dan prasarana penunjang sehingga proses pendidikan dapat berjalan semakin lancar,” tambah Nurdin lagi.

UNBK sendiri berlangsung selama 4 hari pada 25-28 Maret 2019 yang dalam satu hari dubagi menjadi tiga sesi ujian dengan mata pelajaran yang diujiankan adalah Senin (Bahasa Indonesia),Selasa (Matematika), Rabu (Bahasa Inggris) dan Kamis (Teori Kejuruan).

Baca Juga :  Musim Hujan dan Angin Tiba, Polsek Tanjungpinang Barat Ingatkan Warga

SMKN 2 mengikutsertakan sebanyak 120 pelajar yang mengikuti Ujian Nasional ini dan untuk Kota Tanjungpinang sendiri sebanyak 1.399 pelajar di 9 sekolah yang mengikuti dan total untuk Provinsi Kepri sebanyak 9.189 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional ini yang tersebar di 98 SMK di 7 Kabupaten dan Kota.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here