Beranda Kepri Batam LIRA Kepri Minta BP Batam Segera Pasang Pipa Air Penghubung Dam Tembesi-...

LIRA Kepri Minta BP Batam Segera Pasang Pipa Air Penghubung Dam Tembesi- Muka Kuning

0
Gubernur LIRA Kepri bersama sejumlah pengurus

beritakepri.id, Batam — Untuk menambah air baku di Batam, DPW LSM LIRA Kepri meminta Kepala BP Batam, HM Rudi segera melakukan pemasangan pipa penghubung air dari Dam Tembesi ke Dam Duriangkang.

Permintaan itu disampaikan Gubernur LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kepri, Muhammad Nur, SH saat ditemui di Batam Centre, Sabtu (14/3/2020) siang.

Menurut M Nur langkah BP Batam yang hendak melakukan pemasangan pipa penghubung air dari Dam Tembesi ke Dam Muka Kuning dinilainya sudah sangat tepat. Sebab dengan pemasangan pipa penghubung dua Dam tersebut maka ketersediaan air akan banyak.

Baca Juga :  Sepuluh Pasien Covid-19 Sembuh Membuat Optimisme Isdianto Semakin Besar

“Langkah BP Batam untuk menyambung pipa air tersebut sudah tepat. Kami LIRA Kepri mendukung langkah tersebut. Kini tinggal direalisasikan. Kami juga yakin seluruh elemen masyarakat pun mendukung kebijakan itu”, ujar Pendiri Gerakan Mahasiswa Melayu (GMM) Kepri itu.

Selain pemasangan pipa, langkah lain yang disampaikan Kepala BP Batam, HM Rudi yang akan melakukan normalisasi Dam Muka Kuning dengan cara pendalaman Dam itu juga harus dilakukan. Sebab jika penyambungan pipa sudah selesai, tapi waduknya masih dangkal tentu kurang bermanfaat.

Baca Juga :  Keberagaman Sebagai Penguat Kemajuan

“Penyambungan dan pendalaman waduk itu harus sejalan dan menjadi langkah yang tak boleh terpisahkan dalam pengerjaannya, agar nantinya mendapat hasil yang maksimal” ungkapnya.

Di sisi lain, M Nur mengaku memahami kalau saat ini bahwa Tinggi Air Muka (TMA) Dam Duriangkang hampir mencapai level – 3,19 meter. Sementara titik kritis berada pada ketinggian TMA -3,4 di bawah spillway. Jika hujan tak kunjung turun akan terjadi penurunan 2 cm per hari.

Untuk itu dia kembali meminta BP Batam segera merealisasikan pemasangan pipa tersebut.

Baca Juga :  Panas Terik Tak Halangi Semangat Perempuan Sinergi Luar Biasa Gerilya Menangkan Soerya - Iman

Aktivis ini pun berkeyakinan BP Batam tentu akan menuntaskan masalah itu agar tidak ada lagi pemadaman air secara bergilir di Batam.
Sebab jika terjadi pemadaman air tentu lanjut M Nur sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat dan dunia usaha.

“Penghentian bergilir tidak perlu dilakukan. Masih banyak cara mengatasinya. Kami yakin di bawah kepemimpinan pak Rudi hal itu tidak terjadi” tutup Gubernur LSM LIRA Kepri besutan HM.Yusuf Rizal ini.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here