Beranda Berita Utama Hari Jadi ke-237 Tanjungpinang, Pemko Gelar Ziarah Makam Leluhur

Hari Jadi ke-237 Tanjungpinang, Pemko Gelar Ziarah Makam Leluhur

0
Ziarah makam pada Hari Jadi ke-237 Tanjungpinang diikuti oleh Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Unsur FKPD, Kepala OPD, Ketua dan Anggota LAM, tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Sudah menjadi tradisi setiap peringatan Hari Jadi Tanjungpinang pada tanggal 6 Januari, Pemerintah Kota Tanjungpinang melakukan ziarah ke makam-makam leluhur yang ada di Kota Tanjungpinang, Rabu (6/1).

Ziarah makam pada Hari Jadi ke-237 Tanjungpinang diikuti oleh Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Unsur FKPD, Kepala OPD, Ketua dan Anggota LAM, tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

Ziarah bermula di makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu Kota Piring, dilanjutkan ke makam Daeng Marewah, Makam Daeng Celak, kemudian menuju Pulau Penyengat untuk ziarah ke komplek pemakaman Engku Puteri Raja Hamidah, Raja Ali Haji, Raja Haji Fisabilillah dan berakhir di Pelataran Masjid Sultan Raya Sultan Riau untuk menikmati makan siang bersama.

Baca Juga :  Ansar Launching Vaksinasi Bagi Bumil dan Busui

Sesampainya di makam, rombongan melaksanakan tahlilan serta memanjatkan doa, dilanjutkan menabur bunga, mengucurkan air bunga, serta mengganti kain batu nisan di pusara makam para leluhur.

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP mengatakan bahwa kegiatan ziarah makam ini dilaksanakan secara rutin agar senantiasa mengingat jasa-jasa perjuangan para leluhur Tanjungpinang.

“Kita bisa seperti hari ini, karena ada kerja keras dan perjuangan dari para pendahulu kita, inilah sebagai wujud ucapan terimakasih serta penghormatan kepada para pendahulu,” ujar Rahma.

Baca Juga :  Gubernur Ansar Lantik Bupati dan Wakil Bupati Natuna

Rahma juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ziarah makam ini akan mengingatkan akan sejarah kejayaan jaman dahulu, bahwa Tanjungpinang pernah memiliki kerajaan yang besar dan maju.

“Mudah-mudahan kita sebagai generasi penerus dapat berbuat yang terbaik untuk Kota Tanjungpinang, agar bertambah maju, rakyatnya sejahtera dan selalu dilindungi Allah SWT dari segala sesuatu yang tidak baik, serta selalu mendapat keberkahan,” harap Rahma.

Usai melakukan ziarah kemakam leluhur, Walikota, Sekda dan OPD melanjutkan menuju Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti Km. 5 Tanjungpinang, untuk ziarah ke makam Alm. H. Syahrul, S.Pd.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here