beritakepri.id,Batam-Merayakan maulid atau kelahiran Nabi Muhammad SAW telah menjadi tradisi di kalangan umat Muslim, termasuk di Kepulauan Riau (Kepri). Di masa adaptasi kehidupan baru ini pelaksanaan peringatan maulid nabi dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, salah satunya di masjid Nurul Yaqin, Sabtu (31/10).

Calon Gubernur Kepri Nomor Urut 1, Soerya Respationo tampak hadir dalam peringatan maulid nabi di masjid yang berlokasi di Graha Legenda Malaka tersebut. Pria yang akrab disapa romo itu terlihat khidmat bersholawat memuliakan Rasulullah SAW dan mengikuti seluruh rangkaian acara lainnya.

Baca Juga :  Perkuat Karakter Anak Hadapi Revolusi Industri 4.0

Selain Soerya, turut hadir Ketua DPRD Batam, Nuryanto yang memberikan sambutan membuka acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan Nabi Muhammad menjadi teladan bagi umat muslim sepanjang masa.

Rasulluh memiliki 4 sifat utama yang perlu di contoh yaitu shiddiq, fatanah, amanah, dan tabligh. Di antara sifat itu penting untuk mengamalkan satunya kata dan perbuatan agar dapat dipercaya, terkhusus bagi para pemimpin.

“Kita sebagi umat islam harus bisa memberi contoh, menjadi teladan untuk lingkungan sekitar kita sebagaimana kita mencontoh dan meneladani akhlak Nabi Muhammad,” ujar dia.

Baca Juga :  Karena Covid19, Beberapa Kebiasaan Pegawai Pemprov Kepri Berubah

Peringatan maulid nabi 1442 Hijriah di Masjid Nurul Yaqin menghadirkan ustad Robby Kurniawan. Dalam ceramahnya, ia berpesan agar seluruh umat Islam menjadikan maulid nabi sebagai tonggak peningkatan jiwa kedermawanan dan kebangkitan ummat.

“Segala kebaikan dan kemuliaan telah dilimpahkan Allah ke dalam diri Rasulullah, sehingga Nabi Muhammad SAW menjadi rahmatan lil’alamin yang membawa ajaran Islam yang membawa kedamaian, kerukunan dan kesejahteraan bagi manusia. Sebagai umat Nabi Muhammad saw, kita memang sudah sepantasnya meneladaninya dalam hal apa pun, termasuk sikap dermawannya,” pesannya. (Rls/Sueb)

Baca Juga :  Serahkan Tangki Air dan Hands Tractor, Wagub Ingin Masyarakat Mangsang Mandiri dalam Bertani

 

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here