Beranda Kepri Karimun PNPM Bertranformasi Menjadi BUM Desa Bersama

PNPM Bertranformasi Menjadi BUM Desa Bersama

0
Kabid PMD Indra, S Sos, M. MPub, Tenaga Ahli Mat Daud, Camat Ungar Dra. Hj Rahayu Kusrianti, MPd, Lurah Alai Syafwan Helmi, Ketua BKAD Ungar Azhab, SPd dan pelaku PNPM, serta ketua ketua kelompok SPP foto bersama usai acara.F-Raja

beritakepri.id, KARIMUN – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) akan bertransformasi menjadi Badan Usaha Milik (BUM) Desa Bersama sesuai dengan Permendesa Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pembentukan Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat Eks PNPM Mandiri Pedesaan Menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama.

Kepala Bidang PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Karimun Provinsi Kepri Indra, S. Sos M.Pub mengatakan sesuai Permendesa tersebut PNPM akan bertransformasi ke Badan Usaha Milik Desa Bersama, namun pelaku program PNPM tidak akan di berhentikan namun tetap bekerja sama dengan Bumdes yang ada di setiap desa, kata Indra pada acara Musyawarah Antar Desa Tutup Buku Tahun 2021 dan PNPM menuju Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Jum’at (4/3/2022) di Ungar.

Baca Juga :  PT Timah Tbk Berikan Bantuan Bagi Nelayan Tradisional di Kecamatan Tebing
Isnaliza Ketua Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) PNPM melaporkan keuangan Tutup Buku MAD 2021, di dampingi sekretaris Hery dan Bendahara Bainah.F-Raja

Peraturan Menteri Desa Daerah Tertinggal itu juga mengatur tentang dana bergulir masyarakat eks PNPM dengan tujuan supaya ada kepastian dan perlindungan hukum atas aset milik bersama masyarakat dalam pengelolaan dana tersebut, ujar Indra.

Selain itu sambung Indra dana bergulir simpan pinjam perempuan berguna untuk penanggulangan kemiskinan serta berpihak kepada kepentingan masyarakat, ujar Indra.

Sejauh ini sambung Indra dari 48 Bumdes se Kabupaten Karimun baru 5 yang sudah bersertifikat, 7 dalam proses sertifikat, 36 dalam pendataan untuk di proses, ujar Indra.

Baca Juga :  Rudi-Amsakar Resmi Dilantik Menjadi Walikota dan Wakil Walikota Batam

Sementara ketua BKAD (Badan Kerja Sama Antar Desa) Kecamatan Ungar Azhab, SPd mengatakan dengan bertransformasi PNPM ke Badan Usaha Milik Desa Bersama, semoga kinerja PNPM dan Bumdes semakin baik, ujar Azhab.(Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here