Rahma juga mengatakan setelah penyerahan simbolis, pendistribusian pakaian seragam dan perlengkapan sekolah akan dibagikan kepada siswa-siswa baru secara menyeluruh melalui Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Sebagai salah satu melanjutkan program unggulan Pemko Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP selaku Wali Kota Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023, melalui Dinas Pendidikan menyerahkan seragam dan perlengkapan sekolah gratis secara simbolis, di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Selasa (03/11).

Ini merupakan kali kedua, Pemerintah Kota Tanjungpinang menyerahkan pakaian seragam dan perlengkapan gratis bagi siswa baru tahun ajaran 2020. Seragam sekolah gratis ini adalah bagian dari program unggulan semasa Almarhum H. Syahrul, S.Pd menjabat sebagai Wali Kota Tanjungpinang dan Hj. Rahma, S.IP pada waktu itu menjabat sebagai Wakil Wali Kota Tanjungpinang.

Seragam sekolah gratis ini sangat dinanti dan ditunggu oleh masyarakat. Seragam gratis ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat untuk menyediakan seragam dan peralatan sekolah. Sebelumnya, pada 2019, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga menyerahkan pakaian seragam dan perlengkapan gratis baru siswa tahun ajaran baru.

Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP mengatakan, pakaian seragam dan perlengkapan sekolah gratis tersebut diperuntukkan bagi siswa baru tingkat SD dan SMP Se-Kota Tanjungpinang tahun 2020.

“Alhamdulilah hari ini kita serahkan secara simbolis pakaian seragam dan perlengkapan sekolah untuk siswa baru tahun ajaran 2020. Ini merupakan tahun kedua Pemko Tanjungpinang melaksanakan hal ini, semoga dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat, ini merupakan wujud komitmen Pemko Tanjungpinang untuk memajukan pendidikan di Kota Tanjungpinang,” kata Rahma.

Baca Juga :  Isdianto Minta Tenaga Medis Terus Semangat

Rahma juga mengatakan setelah penyerahan simbolis, pendistribusian pakaian seragam dan perlengkapan sekolah akan dibagikan kepada siswa-siswa baru secara menyeluruh melalui Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama semua pendistribusian kita selesaikan, saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk menyegerakan penyelesaian baju seragam ini, terutama para penjahit dan UKM yang telah menjadi mitra terbaik,” ujarnya.

Lanjut Rahma, saat ini meskipun baju seragam dan perlengkapan sekolah tersebut tidak bisa langsung dipakai, dikarenakan kondisi Tanjungpinang sampai saat ini masih belum melakukan secara tatap muka. Ia berharap para peserta didik dan orang tua tidak berkecil hati, karena seragam gratis ini tetap bisa diserahkan dan sampai ke masyarakat.

“Seragam gratis ini merupakan janji kami dan harus komitmen dalam menjalankannya, untuk peserta didik jangan berkecil hati, baju seragam dan perlengkapan sekolah tetap kami serahkan, kita sama-sama berdoa semoga pandemi Covid-19 berlalu sehingga bisa dipakai oleh siswa disaat masuk sekolah secara normal,” pungkas Rahma.

Baca Juga :  Masyarakat Lingga Tumpah Ruah Hadiri Pembukaan STQ

Sementara itu, laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. H. Atmadinata, M.Pd, adapun total siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri berjumlah 2.867 siswa Data itu meliputi laki-laki 1.421 siswa, dan perempuan 1.446 siswa. Sedangkan pembagian pakaian seragam dan perlengkapan sekolah, untuk Sekolah Dasar (SD) Swasta 946 siswa, yang terdiri dari Laki-laki 475 siswa dan perempuan 471 siswa.

Selanjutnya, kategori tingkat SMP Negeri sebanyak 2.982 siswa, dintaranya Laki-Laki 1.540 siswa dan perempuan 1.442 siswa. Sedangkan SMP Swasta 590 siswa, yang terdiri dari Laki-laki 325 siswa dan Perempuan 265 siswa. Total keseluruhan pembagian pakaian seragam dan perlengkapan sebanyak 7.385 siswa.

Atmadinata juga mengatakan pembagian pakaian seragam dan perlengkapan sekolah ini merupakan program dari Walikota Tanjungpinang yang sudah terlaksana untuk tahun ke-2.
“Ini tahun ke-2 seragam dan perlengkapan sekolah gratis diserahkan, kami berharap dengan adanya program pemerintah dengan memberikan seragam dan perlengkapan sekolah gratis ini dapat memacu dan memotivasi para peserta didik untuk terus berprestasi dan belajar dengan tekun,” kata Atma.

Baca Juga :  Dana Zakat UNHCR Berpotensi Membantu 154.740 KK Pengungsi
Seragam gratis ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat untuk menyediakan seragam dan peralatan sekolah. Sebelumnya, pada 2019, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga menyerahkan pakaian seragam dan perlengkapan gratis baru siswa tahun ajaran baru.

Atma juga menjabarkan bahwa total anggaran untuk pakaian seragam dan perlengkapan sekolah sebesar Rp8,6 miliar.

“Total anggaran Rp8,6 miliar dari keseluruhan pakaian seragam dan perlengkapan sekolah antara lain untuk SD pakaian seragam putih-merah, topi, dasi, baju batik, baju olahraga, baju kurung dan baju pramuka lengkap, sedangkan untuk SMP pakaian seragam putih-biru, topi, dasi, baju kurung, baju pramuka lengkap, baju batik dan baju olahraga, dan untuk perlengkapan sekolah terdiri dari tas, kaos kaki, sepatu dan buku tulis,” tutup Atma.

Dalam acara penyerahan seragam sekolah tersebut, turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Ahelya Abustam, SH, MH, Kepala Inspektorat Tanjungpinang, Drs. H. Tengku Dahlan, MT, Asisten 1 Pemko Tanjungpinang, Drs. H. Tamrin Dahlan, M.Si, Ketua LAM Tanjungpinang, H. Wan Raffiwar, Perwakilan Kemenag Kota Tanjungpinang, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan perwakilan peserta didik.(BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here