free page hit counter
Berita UtamaTanjungpinang

STQH VIII Kepri Resmi Dibuka, Syahrul Berharap dapat Menjadi Peristiwa yang Berkesan

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2019 secara resmi dibuka oleh Gubernur Kepri, DR. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si yang ditandai dengan pemukulan bedug. Pembukaan berlangsung di Taman Relief Kijang, Sabtu (27/4) malam.

Tema yang diangkat pada STQH VIII Kepri ini adalah ‘Implementasi Nilai Al Quran untuk Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Religius dan Damai’.

Dalam sambutannya, Nurdin mengatakan bahwa pembangunan dibidang keagamaan merupakan salah satu modal dasar dalam menciptakan pondasi yang kokoh dalam upaya menciptakan kesuksesan di masa depan, yang tentunya akan berdampak positif disemua lini dan disemua sisi.

“Investasi yang paling berharga dan akan berdampak kesemua arah. Secara positif adalah investasi di bidang keagamaan,” ujar Nurdin.

Nurdin juga mengatakan kegiatan STQH ini turut mengemban misi yang sangat mulia sekaligus strategis, yakni menguatkan pembangunan akhlak bangsa. Lanjutnya, STQH juga merupakan wahana dalam mencetak generasi qurani, yaitu generasi yang mencintai dan mengamalkan Al Quran, serta mampu memposisikan dirinya sebagai agen perubahan dalam segala bidang kehidupan bermasyarakat.

“Melalui pelaksanaan STQH kali ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat. Mari sama-sama kita kuatkan tekad untuk lebih meningkatkan interaksi kita dengan Al Quran,” lanjutnya.

Nurdin juga berharap, ini dapat melahirkan para peserta terbaik untuk berbagai ketagori yang akan mewakili Kepri pada STQH Nasional ke XXV Tahun 2019 yang akan digelar di Kalimantan Barat.

Sekretaris Daerah Kepri, DR. H. TS Arif Fadillah, S.Sos, M.Si selaku ketua panitia melaporkan bahwa efektivitas seleksi dan pembelajaran keagamaan di Provinsi Kepri terus dilakukan dalam upaya pembentukan karakter dan akhlaqul karimah dan hasilnya terus menerus meningkat.

Baca Juga :  Pramuka Hendaknya Jadi Pelopor Suksesnya Pemilu

“Adapun beberapa tujuan dari pelaksanaan STQ ini selain untuk meningkatkan kualitas qori dan qoriah yang akan ikut pada jenjang nasional juga untuk meningkatkan penghayatan dan pengembangan dari nilai al quran ditengah masyarakat,” lanjut Arif.

STQH VIII Kepri ini berlangsung pada 27 April-01 Mei 2019. Adapun cabang yang diperlombakan antara lain: Tilawah (anak-anak dan dewasa, putra dan putri); Hifzil Quran (1, 5, 10, 20 dan 30 Juz); Tafzil Quran; dan Musbaqah Hadist Nabi (100 dan 500 hadist).

Selaku Tuan Rumah, Bupati Bintan Apri Sujadi mewakili seluruh elemen masyarakat mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada Bintan bertindak sebagai tuan rumah,

“Harapan kami tentunya dari pelaksanaan STQH ini dapat benar-benar memberikan manfaat dengan esensi utama yakni bagaimana mampu mengamalkan nilai yang terkandung dalam alquran dari setiap sendi kehidupan,” kata Apri.

Apri melanjutkan, harapan lainnya tentu dapat mencetak qori dan qoriah yang berprestasi, mensyiarkan agama Islam serta kemajuan para generasi muda Kepri benar-benar dibentengi dengan nilai-nilai al quran.

“Kita tahu saat ini begitu banyak pengaruh dari berbagai sisi yang tentu menuntun semua pihak untuk bersama membentengi generasi Kepri ini menjadi generasi yang qurani,” lanjut Apri.

Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd saat ditemui menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang telah melaksanakan STQH yang sangat meriah dan semarak. “Saya ucapkan tahniah kepada Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan yang telah melaksanakan STQH Kepri ini dengan sangat meriah dan semarak, semoga dapat menjadi perisitiwa yang berkesan bagi masyarakat Kepri pada umumnya,” ungkapnya.

Syahrul juga berpesan kepada kafilah Kota Tanjungpinang yang mengikuti STQH ini dapat menampilkan yang terbaik dan semaksimal mungkin. “Kepada seluruh kafilah Kota Tanjungpinang, saya berpesan tampilkan yang terbaik, berusaha semaksimal mungkin dan apapun hasilnya harus diterima dengan ikhlas,” pesan Syahrul.

Baca Juga :  Wagub Kepri Hadiri Focus Group Discusion

Sebagai wali kota, Syahrul berharap prestasi yang pernah diraih oleh Kota Tanjungpinang pada MTQ atau STQ tingkat Provinsi Kepri sebelumnya dapat ditingkatkan atau dipertahankan. “Berbagai prestasi yang pernah diraih Kota Tanjungpinang pada even sebelumnya, harus ditingkatkan atau setidaknya dapat dipertahankan. Semoga apa yang kita targetkan atau cita-citakan dapat dimudahkan dan diijabah oleh Allah SWT, Aamiin,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Pengurus Pusat LPTQ Prof. KH. Said Agil Husin Al Munawar, FKPD Provinsi Kepulauan Riau, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota se-Provinsi Kepulauan Riau, Kepala OPD Pemprov Kepri, Pemkab Bintan dan Pemko Tanjungpinang, Tokoh masyarakat beserta tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan defile kafilah utusan Kabupaten dan Kota se-Kepri dan diselingi dengan berbagai atraksi kesenian seperti tari kolosal, nyanyian Bintan Gemilang oleh Oji LIDA dan Ranti, serta penampilan artis ibukota Novy Ayla yang memukau para penonton yang hadir pada acara tersebut.(BK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *