Beranda Berita Utama Atasi Banjir Jalan Pemuda, Pemko Bangun Polder

Atasi Banjir Jalan Pemuda, Pemko Bangun Polder

471
0
Wali kota tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, Saat memberikan kerterangan.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Tanjungpinang, setelah bertahun-tahun jalan pemuda selalu banjir di musim hujan ditambah lagi bila air pasang, banjir pun tidak dapat dielakkan. Namun kini di awal Februari akan dibuat polder pengendalian banjir di jalan pemuda.

Untuk mengatasi permasalahan banjir ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang dibawah kepemimpinan Hj. Rahma, S.IP akan membangun Polder (kolam untuk mengatasi banjir) bersama Balai Wilayah Sungai Sumatra IV.

Rahma bersama Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra IV, kontraktor pelaksana, serta Dinas Pekerjaan Umum Kota Tanjungpinang melaksanakan rapat kerja membahas teknis dan rencana pekerjaan di Ruang Rapat Dinas PU, Rabu (10/2) sekaligus turun ke lapangan meninjau lokasi pembangunan.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Beri Insentif Untuk Guru TPQ, Para Imam dan Hafiz

Rahma mengimbau kepada camat dan lurah setempat untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pembangunan Polder pemuda. “Sampaikan dan sosialisasikan kepada warga setempat terkait rencana dan manfaat dari pembangunan Polder ini. Pemerintah berupaya keras dalam penanganan banjir di Kota Tanjungpinang agar banjir yang terjadi bertahun-tahun tidak terulang kembali”, ujar Rahma.

Rahma juga berharap kepada pihak kontraktor agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan tidak ada pihak manapun yang dirugikan mulai dari proses awal pengerjaan hingga selesai. Rahma juga ingin masyarakat setempat terlibat dalam pekerjaan pembangunan polder ini sebagai lapangan kerja baru. “Mari kita bersama-sama saling mendukung terlaksananya pekerjaan polder ini”, harapnya.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, Imam Bilal dan Mubaligh Divaksin

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV, Ir. Tuti Sutiarsih, MT bersama tim dalam kesempatan itu memaparkan teknis pekerjaan yang akan dilaksanakan. “Polder ini adalah suatu cara penanganan banjir rob dengan kelengkapan sarana fisik dan pengelolaan tata air. Meliputi sistem drainase kawasan, kolam retensi, tanggul keliling kawasan, pompa dan pintu air”, jelas Tuti.

Ditambahkannya, luas tampungan 11.000 Meter persegi, Volume tampungan 28.000 Meter Kubik, Luas genangan banjir setelah dibangun polder 1,10 ha (mereduksi 88% banjir). Rencana penanganan 2 buah pompa Submersible dengan kapasitas pompa 1 M3 det.

Plt. Kadis Pekerjaan Umum, Zulhidayat S.Hut menambahkan, pembangunan polder jalan pemuda akan dimulai bulan Februari oleh BWS IV, dan direncanakan akan selesai pada akhir Desember tahun ini. “Anggarannya bersumber dari APBN, sedangkan pembebasan lahan seluas 2,5 hektar sudah dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2019 melalui dana APBD Kota Tanjungpinang”, terangnya.

Baca Juga :  Nurdin Ajak Warga Bersatu Menjawab Tantangan Zaman

Selanjutnya, Rahma bersama Kepala dan tim dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra IV, Plt. Kadis PU, Zulhidayat S.Hut, kabag Prokompim, Elvi Arianti S.Pt, M.Si, Camat Bukit Bestari Lia Adhayatni SH,MH, lurah Tanjung Ayun Sakti, Ishak S.Sos serta RT, RW dan warga setempat langsung meninjau lokasi pembangunan polder di gang Natuna Sei Jang. (BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here