Beranda Berita Utama Bimtek Mewujudkan Tanjungpinang Kota Cerdas

Bimtek Mewujudkan Tanjungpinang Kota Cerdas

0

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Gerakan Menuju 100 Smart City di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senin (8/7).

Wakil Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S. IP mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tanjungpinang telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan semakin baik.

“Pemerintah akan menjadikan masyarakat yang terlayani dengan baik oleh para penyelenggara pemerintahan yang dalam lingkup daerah menjadikan kota cerdas,” ujar Rahma.

Pembangunan berkonsep ‘Smart City’ menjadi suatu hal yang sangat menarik dan menjadi sebuah keniscayaan yang harus dihadapi oleh Kota Tanjungpinang baik dalam hal penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan publik yang semakin baik, semakin cepat, semakin mudah dan semakin hemat.

Baca Juga :  Berkunjung ke Natuna, Ini Rangkaian Kegiatan Mahfud MD dan Tito Karnavian

“Maka dari itu Pemerintah Kota Tanjungpinang menghadirkan seluruh stakeholder yang dipandang cakap dan mampu mendukung pelaksanaan ‘Smart City’ di Kota Tanjungpinang yang diawali dengan bersama-sama menyusun masterplan Smart City Tanjungpinang atau Rencana Induk Tanjungpinang Kota Cerdas,” harap Rahma.

Rahma berharap semua peserta dapat mengikuti Bimtek dengan baik. Sebab akan ada beberapa kali lagi Bimtek yang dihadiri oleh pembimbing dari tim Kementerian Kominfo selama tahun 2019. Yang tentunya dengan materi dan pokok bahasan yang berbeda.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, Drs. H. Abdul Kadir Ibrahim, MT mengatakan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan bimbingan teknis ini untuk menghimpun seluruh Dewan Tanjungpinang Kota Cerdas dan Tim pelaksana Tanjungpinang Kota Cerdas yang menjadi tindak lanjut nota kesepahaman tentang Implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Ansar Ajak Masyarakat Kepri Jaga Toleransi & Moderasi Beragama

“Tujuan kita adalah untuk menginformasikan seluruh aktivitas Pemerintah Kota Tanjungpinang hingga stakeholder yang tentunya masih terus ditingkatkan,” ujar Kadis Kominfo yang akrab disapa Akib.

Saat ini Kota Tanjungpinang sudah memiliki perangkat keras atau hardware yang dikelola oleh Dinas Kominfo dan beberapa OPD lainnya. Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang sebagai perangkat daerah yang melaksanakan fungsi di bidang komunikasi, informatika, statistik dan persandian memerlukan dukungan semua untuk mewujudkan konsep kota cerdas.

“Sinergitas seluruh elemen sangat diperlukan untuk mewujudkan integrasi sistem informasi yang berada di masing-masing instansi” tambah Akib.

Baca Juga :  Teguh Santosa Mengundurkan Diri Dari Dewan Kehormatan PWI Pusat

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan Surat Keputusan Dewan Tanjungpinang Kota Cerdas dan Surat Keputusan Tim Pelaksana Kota Cerdas oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang kepada perwakilan FKPD yang hadir.

Acara ini mendatangkan narasumber dari Kementerian Kominfo Pusat dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, serta dihadiri oleh FKPD dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.(BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here