Beranda Kepri Batam Dorong Perempuan Tani Wujudkan Kedaulatan Pangan

Dorong Perempuan Tani Wujudkan Kedaulatan Pangan

0
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun Foto Bersama Usai Melantik Dpk Perempuan Tani Hkti Kabupaten/Kota Se-wilayah Kepri Di Hotel Planet Holiday Batam, Selasa 27/11).

Beritakepri.id, BATAM –Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan, perempuan tani harus ikut serta mewujudkan kedaulatan pangan dan juga kesejahteraan petani Indonesia. Karenanya mereka harus cerdas untuk turut serta mewujudkan kedaulatan pangan.

“Perempuan Tani yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) adalah pihak yang sangat bisa membantu mewujudkan Kepri, mandiri di bidang pertanian,” kata Nurdin Basirun saat melantik DPK Perempuan Tani HKTI Kabupaten / Kota Se – Wilayah Kepri di Hotel Planet Holiday Batam, Selasa (27/11).

Menurut Nurdin, Kepulauan Riau terus konsen untuk bisa menjadi daerah penghasil pertanian. Karenanya harus ada pihak-pihak yang ikut fokus mengurus dan mengembangkan sektor pertanian tersebut.

Baca Juga :  Kunjungan Soerya Respationo Datangi Pondok Tani Tembesi, Dijamu Makanan Singkong dan Ubi Rebus

Kabupaten Lingga adalah salah satu daerah di Kepri yang sifokuskan untuk menjadi daerah sentra hasil pertanian. Dengan menjadikan Lingga sebagai sentral pertanian, kata Nurdin, mudah-mudahan ketahanan pangan di Kepri segera terwujud.

Pemprov juga mendorong pemanfaatan lahan kosong, yang banyak tersebar seperti di Kabupaten Bintan Anambas dan Natuna. Lahan kosong tersebut harus dimanfaatkan menjadi lahan pertanian. Yang nantinya bisa ditanami bermacam tanaman. Seperti padi jagung ataupun sayur mayur.

“Saya yakin lahan kosong tersebut cukup subur dan cocok untuk kita kelola menjadi lahan pertanian,” kata Nurdin.

Baca Juga :  Wagub Ajak Jadikan Donor Darah Sebagai Kewajiban

Kepri kedepan tidak ingin terus bergantung dengan hasil pertanian dari luar. Karenanya harus serius menggesa sumber alam, agar bisa menghasilkan sendiri produksi pertanian.

“Minimal kita bisa mensuplay kebutuhan pangan untuk Kota Batam yang kebutuhannya sangat besar,” pintanya.

Oleh karena itu, pemerintah membuka diri bergandengan tangan dengan semua pihak, dalam upaya menjadikan Kepri berdaulat pangan. Dengan bersama- sama saya yakin kita bisa, tambah Nurdin Basirun seraya menambahkan kalau pemanfaatan teknologi pertanian bisa mempercepat terwujudnya kedaulatan pangan.

Baca Juga :  Wagub Kepri Yakin Permasalahan Guru SLTA Segera Selesai

Pada kesempatan tersebut, diserahkan petaka bendera kepada masing-masing Ketua Perempuan Tani DPK HKTI Kabupaten Kota oleh Ketua Perempuan Tani DPP HKTI Provinsi. Para pengurus ini sebelumnya telah mengucapkan sumpah, dan akan menduduki jabatan selama 5 tahun dari mulai tahun 2018 -2023.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Dewan Pengawas DPN HKTI Mayjend Unggul K Yudhoyono, Ketua Umum DPN Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto, Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Kepri Hj Rofia Ariski Novi dan para pengurus HKTI kabupaten kota se Kepri.(BK/HMS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here