Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah menyambangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau di J. WR. Supratman, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang pada Rabu (24/06). Kunjungan itu untuk melihat sejauh mana persiapan yang telah dilakukan Bawaslu dalam menghadapi Pilkada yang akan dilaksanakan pada 09 Desember 2020 mendatang.

Tampak ikut mendampingi Kepala Badan Kesbangpol Linmas Provinsi Kepulauan Riau Lamidi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana serta Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Haryono.

Dalam keterangannya setelah melakukan peninjauan Arif menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan Pilkada di Kepulauan Riau saat ini telah berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan berdasarkan arahan dari Kemendagri.

“Tahapan pilkada sebelumnya berhenti karena pandemi covid. Saat ini tahapan pilkada aktif dan lanjut kembali guna persiapan pelaksanaan pilkada. Dengan tahapan yang telah dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu kami yakin Pilkada dapat berjalan aman dan lancar pada 09 Desember nanti,” yakin Arif.

Baca Juga :  Ratusan Siswa Ikuti Kemah Besar di Taman Budaya

Terkait anggaran pelaksanaan Pilkada Arif memastikan bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan tetap berkomitmen untuk membantu baik KPU dan Bawaslu karena tahapan pilkada yang sudah dimulai kembali tentu butuh dana untuk operasional baik untuk administrasi maupun untuk operasional di lapangan.

“Sampai saat ini NPHD untum KPU dan Bawaslu telah dicairkan hingga 70 persen lebih, sisanya akan segera dicairkan agar penyeleggara Pilkada ini dapat cepat bergerak melaksanakan tahapan pilkada sampai ke hari Pemilihan sampai hingga penetapan pemenang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dalam 3 Hari Pemko Tanjungpinang Raih 3 Penghargaan Nasional

Selanjutnya untuk tahap pencoblosan pada Pilkada nanti Arif tak lupa bepesan kepada penyelenggara untuk tetap taat, patuh dan displin dalam menerapkan protokol kesehatan guna menghindarkan kita semua baik petugas sampai dengan pemilih agar terhindar dari penyebaran baru Covid-19.

“Kita tentu tidak mau pada pencobloasan akan muncul kasus-kasus covid yang baru. Oleh karena itu perlu bagi penyelenggara Pilkada untuk terus berkomunikasi dan bersinergi dengan Gugus Tugas Covid-19 masing-masing daerah. Patuhi Protokol Kesehatan, agar pilkada aman dan lancar dan masyarakat tetap sehat,” harap Arif.

Sebelumnya pada Rabu (24/06) pagi, bertempat di di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah mengikuti Rapat Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 melalui Video Conference yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian.

Baca Juga :  Plt Gubernur Kepri Tindak Lanjuti Arahan Presiden Dalam Percepatan Penanganan Covid-19

Dalam arahannya Mendagri Tito Karnavian mengajak semua Pimpinan Daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/ Kota untuk patuh dan taat kepada perintah Undang-Undang, bahwasanya Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk menyiapkan anggaran untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah.

“Kewajiban kita sebagai Pimpinan Daerah adalah mendukung KPU dan Bawaslu agar mereka bisa melaksanakan tugasnya. Saya minta kepada rekan-rekan di Daerah agar sisa NPHD yang belum dicairkan karena terkendala musibah covid-19 agar segera direalisasikan segera agar KPU dan Bawaslu bisa dalam melaksankana tahapan Pilkada yang telah berjalan saat ini sehingga mereka tidak akan menemui hambatan terutama masalah anggaran,” harapnya.(**)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here