free page hit counter
Berita UtamaKepriNasionalTanjungpinang

Lomba Tulisan Kearifan Lokal Oleh BNPT dan FKPT Berhadiah 100 Juta

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Ini peluang berhadiah bagi masyarakat umum yang hobi menulis opini dan jurnalis yang suka membuat berita seni dan budaya atau aktivitas positif lain di tanah air. Total hadiah yang disediakan Rp100 juta. Lomba karya jurnalistik ini digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) se Indonesia.

Menurut Ketua FKPT Provinsi Kepri, Reni Yusneli, tulisan yang diperlombakan untuk kategori umum maupun wartawan musti sudah terbit di media massa paling cepat pada 1 November 2018 dan paling lambat terbit pada 30 Oktober 2019. Selain itu tulisan yang dilombakan mesti sudah dikirim ke email [email protected] selambat-lambatnya pada 31 Oktober.

“Bagi yang sudah terbit, silakan dikirim sekarang juga dan berkasnya bisa diunggah di laman www.fkptcenter.or.id/dokumen dan ada beberapa persyaratan yang musti diisi peserta seperti melampirkan dokumen serta identitas,” terangnya.

Naskah atau tulisan yang akan dilombakan, sambung Reni, mesti orisinal dan bukan duplikasi dari karya orang lain serta belum pernah diikutkan di perlombaan lainnya.

“Panjang tulisan minimal 7 ribu karakter dan maksimal 13 ribu. Lomba karya tulis ini setiap tahun digelar oleh BNPT dan FKPT. Dewan juri yang menilai nanti dari Dewan Pers, organisasi profesi wartawan di pusat, Pengajar Jurnalistik di LPDS serta Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT. Yang memiliki bakat menulis silakan mencoba peruntungan,” sebut Reni.

Tema lomba karya tulis tahun ini, sambung Reni, yakni ‘Kekuatan Kearifan Lokal Membendung Hoaks di Era Distrupsi Informasi’.

Diakui Reni, dalam membendung fenomena hoaks yang semakin mengkhawatirkan saat ini, perlu digagas adanya upaya-upaya masyarakat umum untuk membuat kegiatan yang positif, seperti meningkatkan kemampuan berkreativitas pemuda-pemuda di daerah agar menghasilkan hal-hal yang positif dan mencegah prilaku iseng yang tidak bermanfaat bahkan merugikan orang lain. Bagi pemenang, sebutnya, akan dipanggil ke Jakarta saat penyerahan hadiah oleh ketua BNPT.(BK/R)

Baca Juga :  Mendagri Ajak Masyarakat Berpartisipasi Maksimal Memenuhi Hak Konstitusional
Tags
Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *