Beranda Berita Utama Sei Enam Bakal di Sulap Ansar Jadi Kampung Wisata

Sei Enam Bakal di Sulap Ansar Jadi Kampung Wisata

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Ketua TP-PKK Provinsi Dewi Kumalasari membakar Otak-otak usai meninjau Rencana Penataan Kawasan Wisata Sei Enam Kijang, Selasa (7/12/2021).F-Istimewa

beritakepri.id, BINTAN – Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Ketua TP-PKK Provinsi Dewi Kumalasari meninjau Rencana Penataan Kawasan Wisata Sei Enam Kijang, Selasa (7/12/2021). Sei Enam yang masuk dalam wilayah Kecamatan Bintan Timur sudah sejak lama dikenal sebagai sentra produksi otak-otak, makanan khas Melayu berbahan baku ikan yang sangat lezat. Tidak hanya otak-otak, Sei Enam juga dikenal penghasil kerupuk ikan yang dihasilkan dari industri rumah tangga yang cukup banyak di daerah itu.

Dalam peninjauan tersebut, Ansar menegaskan Pemprov Kepri telah merancang Sei Enam menjadi kampung wisata dengan produk kuliner andalan otak-otak dan kerupuk ikan.

Baca Juga :  Abdurrahman Amin Terpilih Sebagai Ketum SMSI Kaltim

“Mulai tahun 2022 kita siapkan DED (detail engineering design) nya. Kita ingin Sei Enam punya daya saing untuk kita jual ke wisatawan asing. Apa lagi Bintan dari dulu cukup banyak mendapat kunjungan wisatawan mancanegara,” kata Ansar Ahmad.

Bersamaan itu juga, Ansar memerintahkan konsultan perencanaan dan Dinas Perkim untuk merencanakan semua kampung Sei Enam menjadi kawasan modern tapi tidak menghilangkan kearifan lokal. Termasuk dengan penerangan jalan agar diperbanyak beserta tempat duduk dipinggir jalan yang cukup elsotis.

“Jadi penataan kampung ini menjadi wisata kuliner khas Sei Enam seperti otak-otak beserta dengan ornamen bangunannya melayu yang menjadi penunjang dan spot berswafoto,” perintahnya.

Baca Juga :  Mengenang Syahrul, Sosok Pemimpin dan Pekerja Keras

Lanjut Ansar, dalam penataan harus juga disiapkan panggung yang bisa digunakan multifungsi dan memberikan ciri khas dan bentuk warna warni dan konsep etalase yang perlu polesan yang menarik.

“Nanti kawasan ini bangunan kita kasi warna warninya, dan tambah juga dengan sepeda ontel seperti kota tua,” tambahnya.

Disamping itu, Ansar juga meminta penataan Kampung Wisata tersebut berkonsentrasi terhadap lahan parkir, pembinaan dan tanggung jawab dalam pengelolaan.

“Dan nanti kita dudukan sebagai kontinuitas siapa-siapa yang menangani penerangan jalan, perawatan asetnya serta pembinaan UMKM dalam menjaga kebersihan,” pintanya.

Ansar juga berharap masyarakat dan pengambil kebijakan harus kompak agar ini berjalan baik dengan hasil yang baik pula. Karena ini menyangkut sebagai ikoniknya Sei Enam Kijang.

Baca Juga :  All Out, Pemprov Kepri Lakukan Berbagai Cara untuk Menekan Penyebaran COVID-19

“Bersatu padu lah kita mempromosikan kawasan desa wisata, seperti kuliner yang tidak dimasak seperti otak-otak frezon dan makanan khas lainnya,” harapnya.

Terakhir, Ansar ingin membangun kampung wisata tidak merubah lahan lapangan bola kaki yang sebelumnya masuk dalam perencanaan penataan ruang kawasan wisata Sei Enam.

“Terkait dengan lahan bola kaki, kalau nanti bisa diupayakn dan PT. Antam mau menghibahkan baru pada tahun 2023 direlokasikan lapangan dan penataannya semakin lengkap,” tutupnya.(Chalima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here