Beranda Kepri Tanjungpinang 12 Tahun Haul Hasan Junus, Gaungkan Pembangunan PDS

12 Tahun Haul Hasan Junus, Gaungkan Pembangunan PDS

0
Suasana diskusi memperingati Haul ke-12 Hasan Junus di Tanjungpinang, Sabtu (30/3/2023) petang kemarin.F-Panitia Acara

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Kepulangan Budayawan Melayu Hasan Junus (HJ) 12 tahun lalu masih dikenang sampai hari ini. Bertempat di Qozy Cafe Tanjungpinang, Sabtu (30/03/2024) para pegiat kesenian berkumpul membincang sekaligus mengenang kiprah HJ semasa hidupnya.

Peringatan haul lebih dahulu dimulai dengan doa arwah yang dipandu ustaz Usman Al-Bayan sebelum kemudian memasuki bincang-bincang bersama Dato Rida K Liamsi, Abdul Kadir Ibrahim, dan Husnizar Hood. Tiga nama ini bukan nama yang asing karena mereka adalah para penulis yang bersentuhan langsung dengan HJ.

Baca Juga :  Idul Adha 1443 H, Hasan: Gubernur Ansar Akan Solat di Tarempa

“Biasanya, acaranya dilangsungkan di Penyengat, di rumah keluarga HJ. Tahun ini, kami buat di Tanjungpinang agar orang lebih mudah datang, apalagi mengingat sekarang sedang bulan Ramadan jadi sekalian buka puasa bersama,” terang Husnizar, penyelaras acara.

Dalam acara yang berlangsung santai dan khidmat, HJ dikenang sebagai budayawan Melayu dengan pengetahuan sejarah dan seni yang mumpuni. HJ, oleh para penulis sezamannya, bahkan disebut kamus yang berjalan. Bahkan, penulis sekaliber Dato Rida K Liamsi pun menjadikan HJ sebagai mentor menulisnya.

Baca Juga :  Tim Sinergi Tanjungpinang Sapa Warga, Pemulihan Ekonomi dan UMKM Salah Satu Fokus Sinergi

“Terutama dalam penulisan novel-novel sejarah,” ujar Dato Rida.

Yang tidak kalah mengesankan dari peringatan Haul ke-12 HJ kemarin adalah rencana membangun Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) Hasan Junus. Hal ini ditengarai sebagai aksi penting mengingat HJ semasa hidupnya bukan saja penulis andal, melainkan juga seorang pembaca yang tangguh. Koleksi-koleksinya merentang lebar dari khazanah kebudayaan Timur ke Barat, dari masa lampau sampai paling modern.

“PDS HJ ini sebenarnya sudah digagas sejak tahun lalu di Penyengat,” ungkap Husnizar.

Baca Juga :  Ribuan Lampion Pancarkan Kemeriahan Imlek 2574/2023 M di Karimun

Menurutnya, pembangunan PDS HJ ini bisa dimulai dari langkah-langkah kecil, seperti menumpang lebih dahulu di Balai Maklumat Penyengat di bawah payung Yayasan Indrasakti, yang masih dikelola oleh keluarga HJ.

“Karena jika tidak lekas dimulai, lawan terberat kita bukan anggaran, tetapi waktu. Sekarang ini tinggal segelintir yang masih mengenang HJ dan jika seiring waktu tidak dikerjakan, khawatir generasi muda kita lupa pernah punya budayawan hebat macam HJ,” pungkas Husnizar.***

Penulis : Red
Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here