Beranda Kepri Karimun Bapenda Karimun Siapkan SI – IKANPARI

Bapenda Karimun Siapkan SI – IKANPARI

0
Sekretaris Bapenda Karimun Herisa Anugerah (tengah) bersama Kepala Bapenda Karimun Kamarullazi (kiri) saat sosialisasi aplikasi SI-IKANPARI. F-Bapenda Karimun

beritakepri.id, KARIMUN – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Karimun memiliki satu inovasi terbaru yang di beri nama SI-IKANPARI.

“Yaitu Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan Pajak Daerah Dan Retribusi adalah merupakan suatu wadah informasi yang komprehensif, berisi beragam informasi mengenai pajak daerah dan retribusi juga menyediakan fasilitas dan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak daerah berbasis digitalisasi” kata Sekretaris Bapenda Karimun, Herisa Anugerah, Jumat (18/11/2022).

Inovasi ini tercipta karena kebutuhan akan peningkatan pelayanan yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi demi meningkatnya Pendapatan Asli Daerah yang akan berdampak pada peningkatan pembangunan dan kesejahteraan.

Inovasi ini sejalan dengan program dari pemerintah pusat yaitu:
ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) yaitu suatu upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital.

Baca Juga :  PPKM Resmi Dicabut, Masyarakat Kepri Diminta Tetap Mematuhi Prokes

SIDA (Sistem Inovasi Daerah) adalah keseluruhan proses dalam satu sistem untuk menumbuhkembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah, pemerintahan daerah, lembaga kelitbangan, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha, dan masyarakat di daerah. yang saat ini sedang gencar diperkenalkan ke tengah-tengah masyarakat.

MCP KPK (Monitoring Center for Prevention Komisi Pemberantasan Korupsi) adalah program dari KPK yang berupaya melakukan pencegahan korupsi pada pemerintah daerah melalui perbaikan sistem. Program MCP merupakan pelaksanaan dari tugas KPK sebagaimana amanah UU terkait fungsi koordinasi dan monitoring atas upaya-upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Program tersebut memiliki 8 (delapan) area intervensi, dimana salah satunya berada di Badan pendapatan Daerah yaitu indikator optimalisasi pajak daerah.

Baca Juga :  'Mba Yu' Jamu Gendong Se-Karimun Arahkan Pilihan Politiknya ke Soerya - Iman

Website ini memiliki perbedaan dibandingkan website yang lain karena website ini tak hanya menjadi wadah informasi yang komprehensif tetapi juga memberikan kemudahan pelayanan berupa fasilitas pembayaran pajak daerah berbasis digitalisasi. Sehingga melalui SI-IKANPARI, masyarakat akan lebih mudah membayar pajak daerah dari mana saja dan kapan saja.

Sangat mudah untuk mengakses SI-IKAN PARI. Masyarakat hanya perlu masuk ke laman website kami di www.bapenda.karimunkab.go.id dan pilih fitur yang diinginkan. Beragam fitur tersedia mulai dari informasi mengenai pajak daerah dan retribusi, langkah-langkah tata cara pembayaran pajak baik secara manual maupun online, alur dan persyaratan kepengurusan berkas, fitur pengaduan online untuk menyampaikan pertanyaan, saran dan masukan, hingga beragam link pembayaran digital yang dapat sahabat pajak daerag pilih, mulai dari qris bank riau kepri syariah, pospay, buka lapak, tokopedia, blibli, gopay, ovo, dan link aja.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Curat Diamankan

Bapenda akan terus melakukan perbaikan dan pengembangan terkait pelayanan kepada masyarakat dengan mengacu pada kemajuan dan perkembangan digitalisasi, dengan harapan masyarakat akan semakin aware dalam membayar pajak, pelayanan semakin baik, semakin tingginya akuntabilitas dan profesionalitas, yang akan bermuara pada peningkatan pendapatan asli daerah karimun yang insyaallah bila pendapatan semakin meningkat, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat juga akan semakin meningkat.***

Penulis: D Tambunan
Editor: Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here