Beranda Advertorial Berikut, Upaya Dinas PUPR Tanjungpinang Menangani Banjir dan Genangan

Berikut, Upaya Dinas PUPR Tanjungpinang Menangani Banjir dan Genangan

0
Normalisasi Jl. Sri Andana Rt.03 Rw. 01 Kel. Batu Sembilan (1)

beritakepri.id, TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  terus melakukan upaya pencegahan banjir di Kota Tanjungpinang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Zulhidayat, Senin ( 29/11/21) di kantornya.

Normalisasi Jl. Sri Andana Rt.03 Rw. 01 Kel. Batu Sembilan (1)

Pada tahun 2020 Dinas PUPR telah melaksanakan penanganan titik banjir/genangan di lokasi Jalan Pemuda, Perum Taman Harapan Indah Km. 9, Sri Andana, Kawasan Mekar Sari, Bandara RHF, Kawasan Bintan Centre (Terminal Sei Carang – Perum Seraya), Jalan Di. Panjaitan KM. 7 (depan SPBU), Kawasan Kota Lama Tanjungpinang (Jalan Merdeka – Jalan Bintan – Jalan Pos), Jalan Daeng Kemboja  Senggarang, Kawasan Sido Makmur, Jl. Cendrawasih.

Normalisasi Jl. Sri Andana Rt.03 Rw. 01 Kel. Batu Sembilan (1)

“Berikutnya di tahun 2021 kita melaksanakan pekerjaan rehabilitasi saluran drainase dan gorong-gorong Jalan Delima Gg. Delima IV. RT. 05 RW.02 Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Tanjungpinang Barat, Gg. Tanjung Raya RT.03 RW 13 Kel. Batu 9 Kecamatan Tanjungpinang Timur, Rehabilitasi dan Pembuatan Tutup Parit Jalan Akasia RW.04 Kelurahan Tanjungpinang Timur Kecamatan Bukit Bestari (Lanjutan), RT.02 RW.03 Kelurahan Air Raja Kecamatan Tanjungpinang Timur, Jalan Brigjend Katamso Gg. Kulim RT.02 RW.08 Kelurahan Kemboja,” terangnya.

Baca Juga :  Vaksin Covid Sudah Tiba, Rahma : "Insya Allah, Saya Siap"

Ditambahkannya, tahun ini Dinas PUPR Kota Tanjungpinang melaksanan penyusunan DED drainase Kota Tanjungpinang untuk 5 lokasi yang menjadi prioritas penanganan genangan/banjir. Antara lain lokasi kawasan Bhayangkara, kawasan Bintan Center, kawasan Puspandari – Perumahan Elang – anak sungai Toca, kawasan Jala Bestari dan kawasan Anggreak Merah.

Normalisasi Jl. Sri Andana Rt.03 Rw. 01 Kel. Batu Sembilan (1)

“Kita telah melakukan normalisasi/pembukaan alur sungai di lokasi Kampung Sidomulyo dan Normalisasi Saluran Drainase Jalan Sri Andana Kelurahan Batu Sembilan, Box Culvert Jalan WR. Supratman Kelurahan Air Raja, normalisasi dan pembuatan kolam tampungan Terminal Sei Carang dan normalisasi saluran drainase Jalan Satria Kelurahan Pinang Kencana serta pembuatan drainase di beberapa titik untuk mengatasi banjir di Batu 10, Jalan Kuantan, Jalan Siantan Sei Jang,” ujarnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Sampaikan Duka Mendalam Atas Meninggalnya Ketua DPD PAN Natuna

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, pada tahun 2021 telah dilakukan perbaikan saluran drainase utama jalan bandara RHF, pembangunan saluran drainase jalan Panglima Dompak Lembah Asri, pembangunan saluran utama kawasan Sri Andana dan pembangunan drainase perumahan Kijang Kencana III – kampung Purwodadi.

Normalisasi Jl. Sri Andana Rt.03 Rw. 01 Kel. Batu Sembilan (1)

“Tidak hanya itu, Dinas PUPR Kota Tanjungpinang juga telah berkerjasama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV melalui Satker PJSA di tahun 2021 saat ini sedang dilaksanakan pembangunan folder pemuda sejak tahun 2017, saluran drainase primer Cenderawasih dan saluran drainase utama Kampung Sidomulyo,” ucapnya.

Baca Juga :  Lanud RHF Tampilkan 3 Tarian, Hibur Masyarakat Sempena Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke-239

Sedangkan melalui Satker OPSDA, beberapa lokasi yang telah ditangani antara lain normalisasi drainase utama perumahan Permata Galaxy, normalisasi saluran drainase Sei Carang dan normalisasi drainase utama di kawasan perumahan Elang sampai saluran anak sungai Toca.

Selain bersinergi dengan beberapa instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Pertanahan Provinsi Kepri dan Balai Wilayah Sungai Sumetera IV untuk melakukan normalisasi.

Salman juga menghimbau, agar warga menggalakan gotong royong di lingkungannya untuk membersihkan drainase dan mengingatkan supaya tidak membuang sampah sembarangan.(BK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here