Beranda Kepri Karimun MT Sun Live Diamankan Patroli Bea Cukai Kepri

MT Sun Live Diamankan Patroli Bea Cukai Kepri

0
MT Sun Live saat ditarik ke Tanjung Balai Karimun oleh tim Kapal Patroli Bea Cukai Kepri, Rabu (15/11/2023).F-Humas Bea Cukai Kepri

beritakepri.id, KARIMUN – MT Sun Live ditarik ke Tanjung Balai Karimun oleh tim Kapal Patroli Bea Cukai Kepri, Rabu (15/11/2023).

“Benar, tim kami Satuan Tugas Patroli Laut Bea Cukai telah menegah kapal mini tanker setelah sebelumnya mendapat informasi adanya sarana pengangkut mencurigakan” kata Kepala Kanwil DJBC Kepri Khusus Kepri Priyono Triatmojo

Kapal tersebut diketahui berada di sekitar perairan Anambas, dan akan menuju ke Malaysia. Hasil pengejaran berhasil memvisualisasi objek sebagai Kapal Mini Tanker.

Kemudian diperintah untuk berhenti dan berhasil disandarkan untuk dapat dilakukan pemeriksaan oleh Petugas Patroli.

Baca Juga :  Diresmikan Hj. Syaftah, Surau Ar Rahman Sudah Bisa Dipakai

Hasil pemeriksaan sementara, kapal yang diidentifikasi sebagai MT Sun Live membawa muatan sekitar 80 ton bahan bakar minyak menuju Malaysia tanpa dilengkapi dokumen pelindung.

Menurut pengakuan awak kapal, BBM yang diangkut berjenis solar. Enam orang ABK, termasuk Nakhoda, diamankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Pelaku diduga melanggar ketentuan Pasal 102A UU No. 17 Tahun 2006 Tentang Kepabeanan. Selanjutnya, dilakukan pengamanan terhadap MT Sun Live dan kapal tersebut dibawa ke Kanwil Bea Cukai Kepulauan Riau guna pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Pencuri Kabel Tembaga Diamankan

Untuk penanganan lebih lanjut, telah dilakukan koordinasi dengan pihak kejaksaan untuk proses penyidikannya. Sampai dengan tahap ini, dari 6 orang awak kapal, telah ditetapkan 2 orang tersangka dan 4 orang saksi.

“Langkah ini sejalan dengan komitmen Bea Cukai untuk menegakkan aturan dan memastikan keamanan serta keberlanjutan aktivitas perekonomian di perairan terkait,” tutup Priyono.***

Penulis : D Tambunan
Editor : Yusfreyendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here