Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun berjalan menuju ruang pemeriksaan saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/7/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/WSJ.

beritakepri.id, JAKARTA — Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun dipecat dari Ketua DPW Nasdem Kepri oleh DPP Nasdem. Ia digantikan oleh Yudi Aditia.

“Nurdin Basirun, Ketua DPP Nasdem Kepri sudah kita nonaktifkan dan menggantinya dengan Plt baru adalah Yudi Aditia. Dia ketua bidang di DPP Nasdem,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Johnny G Plate di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

Johnny mengatakan, penonaktifan Nurdin telah disepakati internal partai dan surat keputusannya telah ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Baca Juga :  PMII Tunggu Gelar Perkara Dugaan Ijazah Bodong Anggota DPRD Tanjungpinang

“Hari ini sudah dibebastugaskan. Ya melalui surat keputusan DPP. Tadi ketua umum dan saya sudah menandatangani pembebasan tugasnya,” kata dia.

Pemecatan sebagai Ketua DPW ini dipicu kasus dugaan suap izin reklamasi yang diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nurdin terkena OTT KPK, Rabu (10/7/2019) malam. Ia ditangkap bersama lima orang, termasuk pejabat daerah dan pihak swasta.

Saat ini Nurdin telah dibawa ke kantor KPK di Jakarta Selatan untuk diperiksa. KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum Nurdin dan orang lainnya yang ditangkap. Dalam OTT ini, penyidik juga menyita uang 6.000 dolar Singapura. Namun, jumlah uang disita diperkirakan lebih banyak.(BK/TO)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here