Alexa Rank Web

beritakepri.id – Alexa Rank Web adalah tool yang sangat populer bagi pemilik blog atau website. Karena tool ini mampu memberikan data seberapa populer ia di tengah persaingan yang begitu ketat.

Tentu ada kebanggan tersendiri jika blog atau websitemu terbaca oleh Alexa Rank Web dan rangkingnya lumayan bagus. Selain itu kalian tak malu untuk menawarkan kerja sama dengan pihak lain karena memiliki bukti jumlah pengunjung.

Dengan menggunakan Alexa Rank Web akan diketahui berapa sebenarnya pengunjung dan juga halaman yang dibaca. Pengunjung juga dibedakan antara mereka yang sudah sering langganan membaca konten kalian dengan new visitor atau pengunjung baru.

Sebenarnya sangat mudah melakukan pengecekan posisi website kalian dengan Alexa Rank Web namun pasti ada diantara kalian yang belum paham.

Nah di bawah ini akan diberikan langkah-langkah melakukannya sehingga kalian bisa mengerjakannya sendiri.

Cara Gunakan Alexa Rank Web

Pertama sekali yang harus kalian lakukan ialah membuka laman resmi Alexa. Jika tidak tahu silakan buka browser lalu di Google Search ketik saja Alexa Rank Web.

  • Maka akan muncul laman yang dimaksud. Setelah itu ikuti langkah-langkah yang dituliskan sebagai berikut:
  • Tuliskan nama domain blog atau website kalian pada kotak yang sudah disediakan.
  • Cara selanjutnya ialah hanya dengan melakukan klik pada kotak find.

Secara automatis akan keluar data jeroan domain yang kalian masukkan pada langkah pertama di atas.

Informasi Berharga Lain

Alexa Rank Web tak hanya menunjukkan data berapa jumlah pengunjung serta halaman yang dibuka oleh pengunjung. Namun juga membedakan berapa pengunjung lama dan yang baru masuk (new visitor).

Baca Juga :  Maju dengan Pedoman Alquran

Ada juga data kata kunci (keyword) opportunity. Ini berguna bagi kalian karena Alexa Rank Web memberitahukan apa sih keyword keyword yang digunakan pengunjung sehingga bisa masuk ke website atau blog kalian.

Keyword atau kata kuncinya juga dipisah jadi beberapa macam. Yaitu Keywords Gaps; Buyer Keyword, Easy-to-Rank Keyword serta Optimization opportunities.

Juga bisa kalian ketahui Data Analysis dari kompetitor kalian. Tentu akan sangat membantu jika kalian mengetahui apa yang dikerjakan website pesaingmua untuk berlomba menempati rangking terbaik Alexa Rank Web.

Disamping itu, Alexa Rank Web memberikan laporan Audiens Analysis yang disebut satu perangking dalam satu penelusuran website. Banyak info bernilai di bagian ini. Pakailah sebagai modal untuk mengenali info mengenai pengunjung website kalian atau blog.

Sekilas Alexa Rank Web

Alexa Rank bisa dimanfaatkan tanpa harus melakukan hal yang rumit. Cukup memasang Alexa di toolbar.

Ada baiknya kita perlu tahu sejarahnya, ya. Alexa adalah perusahaan yang dari California yang berdiri di tahun 1996. Dan tiga tahun berikutnya ia dibeli oleh Amazon.

Alexa Tool memang dirancang untuk menghimpun data trafik dari satu website. Sebenarnya Alexa Rank Web bukan satu-satunya produk Alexa, namun ia yang paling banyak dipergunakan.

Membaca rangking di Alexa benar-benar mudah. Yang perlu dicatat, makin kecil nilai website atau blog kalian yang berada di Alexa berarti artinya semakin bagus. Bukan yang terbesar nilainya yang bagus.

Baca Juga :  Hari Kartini sajian istimewa Bintan Lagoon Resort bagi Wisatawan

Gunakan data dari Alexa Rank Web untuk memperbaiki apa yang belum kalian lakukan. Namun bukan hanya melihat datanya, yang paling penting ialah konsisten. Terutama pemilik blog, konsisten adalah penyakit yang paling gampang hinggap.

Bagaimana Alexa Rank Web Bekerja?

Berdasarkan informasi yang dicantumkan di laman Alexa, ranking web yang dibuat dikerjakan dengan mengombinasikan jumlah pengunjung sehari-harinya dalam jumlah halaman yang didapat satu web dalam tiga bulan terakhir.

Data yang dihimpun memakai satu diantara 25.000 extension browser di Google Chrome, Firefox atau Internet Explorer. Ini akan berjalan jika sudah memasang script Alexa di dalamnya. Menggunakan script tadi, Alexa memakai algoritma mereka untuk memberi data yang akurat.

Selain itu, ada banyak web yang mempunyai coding Alexa di websitenya. Ini mempermudah Alexa untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung yang masuk ke website atau blog kalian.

Keakuratan Alexa Rank Web

Mengenai akurasi data yang dihasilkan Alexa Rank Web masih menjadi perdebatan. Tak sedikit yang menganggap data dari Alexa cukup kapabel dan menunjukkan posisi sebenarnya. Namun banyak juga yang memastikan data tersebut masih belum akurat.

Beberapa orang masih menggunakan tool lain untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Tool itu ialah Google Analytics. Dan bukan rahasia jika ada pihak yang meminta data dari Google Analytics jika kalian menyorodkan kerja sama.

Mereka yang belum percaya ketepatannya berargumen Alexa tidak dapat merangkum data tepat waktu atau real-time. Karena tidak semua pemakai internet meng-install extension yang mempunyai script Alexa di dalamnya.

Baca Juga :  Lagi, Tanjungpinang Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Bukan itu saja, tidak seluruhnya pemilik blog atau website memasukkan script Alexa ke dalamnya dengan tujuan terlacak mesin Alexa. Jadi data yang dikeluarkan sesungguhnya berawal dari sumber yang terbatas.

Bahkan ada yang mempertanyakan seberapa terbuka Alexa Rank Web dengan rangkingisasi website. Juga mempertanyakan metriknya. Alexa hanya menggunakan pengunjung harian dan page dalam 3 bulan terakhir. Dan itu seluruh belum dipandang cukup.

Terlepas dari semuanya itu, hadirnya tool ini bisa dimanfaatkan untuk tujuan positif. Jika mengetahui rangking blog atau website kalian jeblok, pasti akan berusaha sekuat mungkin agar bisa merangkak naik.

Manfaat Alexa Rank Web

Pada bagian ini membahas mnfaat atau faedah menggunakan Alexa Rank Web. Bisa disebutkan beberapa poin seperti di bawah ini:

  • Alexa menggantikan peranan alat intelijen untuk melakukan pengujian pada blog kalian atau website.
  • Mengetahui pesaing atau kompetitor yang selama ini menjadi target kalian.
  • Selaku pembeda dari Google PageRank (makin rendah posisi website atau blog kalian di Alexa, itu semakin baik).
  • Membantu kalian pemilik dan webmaster untuk meniingkatkan performa dan kekuatan dari blog yang tengah kalian kelola.
  • Mengundang pihak ketiga menjalin kerja sama, entah itu iklan atau content placement dan sebagainya.

Semoga bermanfaat dengan membaca artikel Alexa Rank Web ini. Terima kasih. ***

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here