Beranda Berita Utama Ansar Ahmad Resmikan Sarpras Pendidikan Senilai Rp3,685 Miliar di Natuna

Ansar Ahmad Resmikan Sarpras Pendidikan Senilai Rp3,685 Miliar di Natuna

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersilaturahmi dengan guru di sela peresmian sarana dan prasarana (sarpras) pendidikan di Kabupaten Natuna, Rabu (11/1/2023. F-Diskominfo Kepri

beritakepri.id, NATUNA – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meresmikan pembangunan sarana prasarana pendidikan senilai Rp3,685 miliar di Kabupaten Natuna, Rabu (11/1/2023). Peresmian sarana prasarana pendidikan di Natuna ini dipusatkan di SMAN 1 Bunguran Timur Laut.

Ada tujuh sekolah yang pembangunannya sarana prasarananya diresmikan oleh Gubernur Ansar Ahmad dalam kesempatan ini. Tujuh sekolah tersebut meliputi pembangunan ruang UKS beserta perabotnya di SLBN Natuna. Pembangunan ruang laboratotium fisika beserta perabotnya SMAN 1 Serasan Timur.

Selain itu, pembangunan ruang guru beserta perabot di SMAN 1 Serasan. Pembangunan ruang kepala sekolah/pimpinan beserta perabotnya. Serta pembangunan ruang laboratorium kimia beserta perabotnya dia SMAN 1 Pulau Tiga.

Tidak hanya itu, juga ada pembangunan rehabilitasi ruang guru beserta perabotnya untuk SMN 1 Bunguran Barat. Kemudian pembangunan rumah dinas guru beserta perabotnya di SMAN 1 Bunguran Tengah.

Baca Juga :  2024 Masyarakat Kepri Dapat Menikmati Pelayanan Kesehatan Paripurna Terhadap 3 Penyakit Katastropik

Adapun kegiatan pembangunan di SMN 1 Bunguran Timur Laut sendiri yang dalam kesempatan ini diresmikan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad adalah pembangunan ruang kelas baru beserta perabotnya. Rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya serta rehabilitasi ruang guru beserta perabotnya.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad dalam sambutannya mengatakan, penguasaan teknologi menjadi keharusan bagi setiap sekolah. Terutama bagi para guru dan para siswa.

“Kuasai teknologi agar anak-anak kita mampu berkompetisi secara global. Begitu juga dengan penguasaan bahasa,” kata Ansar Ahmad.

Ansar menambahkan, pendidikan merupakan syarat mutlak untuk mengubah dunia. Dan yang paling bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak adalah para guru.

“Guru adalah orang pertama yang paling bertanggung jawab untuk membentuk SDM andal. Kesejahteraan guru menjadi tanggung jawab pemerintah. Oleh karena itu kita tingkatkan terus kesejahteraan guru-guru di Kepri, agar anak-anak juga menjadi cerdas,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Ansar Paparkan Upaya Percepatan Pemulihan Ekonomi Kepri

Generasi cerdas, berkarakter dan kompetitif, kata Ansar, adalah generasi yang diharapkan oleh Kepri. Oleh sebab itu para guru juga harus lebih inovatif dan kreatif dalam mengajar.

“Ayo kita siapkan segala kompetensi yang dibutuhkan agar bisa berkompetisi. Dan jangan hanya merebut pasar lapangan kerja dalam negeri saja, tapi kejar juga pasar kerja di luar negeri. Para guru agar meng-upgrade terus kemampuannya. Agar anak-anak yang dilahirkan berkualitas,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini gubermur juga menyerahan bantuan untuk anak-anak disabilitas berupa 10 kompang. Serta piagam untuk SLBN Natuna karena terpilih sebagai sekolah penggerak di Natuna.

Baca Juga :  4 Ribuan Wartawan Meriahkan Pembukaan Porwanas ke-XIII Tahun 2022 di Jatim

Berdasarkan data yang disampaikan oleh kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, bahwa total anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan sapras pendidikan di tujuh sekolah di Natuna yang baru diresmikan adalah Rp3,685 miliar.

Adapun untuk tahun 2023 ini terang Agung, anggaran yang disiapkan untuk SMA se-Kepri sebesar Rp50,6 miliar, untuk SMK Rp43,2 miliar, dan untuk pendidikan khsusus atau SLB senilai Rp12,1 miliar. Dengan total DAK fisik di 2023 adalah Rp105,9 miliar.

“Khusus untuk Natuna di 2023, dari APBD untuk SMA di Bunguran Utara sebesar Rp800 juta dan dari DAK sebesar Rp23,3 miliar,” terang Agung.***

Penulis : Ridwan
Editor : Edi Sutrisno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here