Beranda Kepri Karimun APBD Perubahan 2023 Karimun Disahkan Rp.1.579.069.163.791,00.

APBD Perubahan 2023 Karimun Disahkan Rp.1.579.069.163.791,00.

0
Bupati Karimun Aunur Rafiq menandatangani APBD perubahan 2023 disaksikan unsur pimpinan DPRD Karimun.F-D Tambunan

beritakepri.id, KARIMUN – Seluruh Fraksi di DPRD Karimun dapat menerima perubahan APBD Karimun tahun 2023 menjadi Rp RP.1.579.069.163.791,00.

Hal itu diketahui pada paripurna DPRD Karimun di Balai Rong Sri, Jumat (22/9/2023). Seusai menyetujui perubahan APBD. Beberapa Fraksi di DPRD Karimun memberikan catatan kepada Bupati Karimun untuk ditindaklanjuti.

Fraksi Hanura mengapresiasi BPKAD Karimun yang telah mampu mempertahankan penjadwalan, kesepakatan KUA PPA dan pengesahan perubahan APBD tahun 2023 sesuai PP No 12 tahun 2019.

Hal serupa juga disampaikan kepada Bapenda telah mampu memberikan argumen tentang potensi, target dan realisasi pajak daerah yang bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  Untuk Generasi Berkualitas, Roby Gagas Pelatihan Content Creator

Tetapi untuk sektor penerimaan dari pengelolaan hasil kekayaan daerah yang dipisahkan, sampai saat ini baru PDAM Tirta Mulia yang telah menyetorkan kontribusinya kedaerah sebesar Rp 872.303.155

Untuk BUMD lainnya masih sebatas pernyataan klasik yaitu belum RUPS. Diharapkan Bupati segera menindaklanjuti demgan tegas karena permasalahan ini hampir setiap tahun terjadi.

Fraksi Hanura juga menyoroti tentang kinerja perangkat daerah dalam mengelola retribusi daerah tidak pernah terealisasi 100 persen.Padahal taeget target penerimaan anggaran ditentukan sendiri oleh perangkat daerah.

Baca Juga :  PWI Pusat dan IKWI Resmikan Taman Baca Panti Asuhan Amal Wanita di Ciputat

Seperti retribusi penerima tower belum ada tindaklanjut sehingga muncul apakah kepala dinasnya mampu atau hanya retorika saja.

Sama halanya dengan retribusi parkir dijalan umum dan retribusi persampahan tidak ada perkembangan berarti, sampai hari ini retribusi daerah baru tercapai 24 persen.

Berkenaan dengan belanja operasi dan belanja modal masih terdapat dinas yang belum optimal penyerapan anggarannya seperti dinas perikanan, badan kesbangpol, dinas pangan dan pertanian, dinas komunikasi informatika statistik persandian dan dinas kesehatan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan akan menindaklanjuti setiap pandangan fraksi. Dan menjadi catatan untuk melakukan perbaikan kedepannya.***

Baca Juga :  Aunur Rafiq Lantik Dr Rosdiana Sp.S M.Kes Sebagai Direktur RSUD Muhammad Sani

Penulis : D Tambunan
Editor : Yusfreyendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here