Google Adsense

Beruntunglah bagi sobat yang punya hobi menulis, sebab Google sengat menghargai bakat tersebut. Dengan membuat blog dan mendaftarkannya ke Google Adsense, sobat bisa gajian setiap bulan.

Sedangkan yang bakat menulisnya pas-pasan jangan khawatir, silakan belajar menulis. Kalau mau langsung nulis di blog cobalah tulis di diary pribadi. Minta saran teman terdekat apakah tulisan sobat sudah bagus atau masih amburadul. Kalau dibilang, bagus boleh mencoba daftar Google Adsense.

Namun bagi yang pasrah tidak bisa menulis, bisa menggunakan jasa content writer atau penulis konten. Siapa saja mereka? Silakan sobat browsing di internet, banyak para penulis konten yang membuka jaswa penulisan artikel dan promosi di internet.

Nah, sekarang sobat paham, bahkan orang yang bisa menulis sebenarnya bisa mendapatkan uang lewat Google Adsense. Namun yang harus diingat, sebagai pengelola atau pemilik blog sobat harus pandai memilih atau menentukan artikel apa saja yang akan dibeli atau dibuat (kalau bisa nulis sendiri).

Pernah nggak sobat baca-baca seputar Google Adsense dan menemukan artikel yang membahas tentang keyword atau kata kunci. Lalu seputar Seach Engine Optimation (SEO), Webmaster Tools atau Google Search Console.

Dan kepala sobat tiba-tiba pusing karena banyak juga pembahasan tentang Google Keyword Planner, Google Analytics hingga penggunaan iMacros untuk mencari dan menyaring hingga ribuan kata kunci yang bisa digunakan pada artikel agar mendatangkan gaji yang lumayan besar dari Adsense.

Jangan pusing dahulu sobat, bagaimana kalau kita bahas ilmu dasar apa yang setidaknya dipahami sebelum terjun ke dunia Google Adsense?

Yuk Kenali Google Adsense

Google AdSense adalah sebuah program periklanan online yang dimiliki oleh Google. Google AdSense adalah cara tercepat dan cara termudah bagi pemilik website atau blog untuk menghasilkan uang dari internet.

Baca Juga :  Pemilik Akun Adsense Harus Mewaspadai Invalid Activity

Google AdSense merupakan salah satu model bisnis online yang paling lamiz dan paling direferensikan para pebisnis online di dunia dan tentu saja di Indonesia.

Jika blog sobat sudah bekerja sama dengan Adsense, dan banyak pengunjung yang klik iklan yang dipasang Google di sana, silakan ditunggu tanggal 21 setiap bulannya. Saatnya gajian bro.

Susahkah Daftar Google Adsense?

Kalau sobat bertanya kepada blogger yang sekali daftar Adsense lalu diterima pasti jawabannya wow mudah banget. Tetapi coba tanyakan kepada blogger yang berkali-kali lamarannya ke Adsense ditolak, pasti jawabannya susah bingits.

Ya, sobat harus pahami bahwa Google itu memiliki algoritma tersendiri. Algoritma ini bertindak sebagai semacam pencegah pelanggaran. Dan kalau sobat nggak ngati-ati mengelola blog, bisa diputus deh gajian itu oleh Google.

Kalau cara mendaftarnya sendiri gampang dan gratis.

Jangan Katakan Pasti

Sobat jago menulis, nulis puisi, cerpen hingga surat cinta dan artikel. Tetap tidak menjamin blog yang sobat kelola langsung diterima oleh Adsense, karena memang perusahaan ini memiliki standar yang sangat-sangat ketat.

Sobar butuh pengetahuan khusus agar pengajuan Adsense bisa diterima. Sekarang banyak kok ebook atau panduan digital, baik dalam bentuk artikel maupun YouTube. Mendingan dipelajari dahulu satu-satu apa yang disampaikan para mastah, sambil melengkapi artikelnya yang niche, baru didaftarkan kemudian.

Yang tak kalah penting ialah bagaimana sobat memilih template yang mendukung blog atau website. Kalau soal template, saya menyarankan ke sini saja.

Punya Banyak Akun Google Adsense?

Tuh, kan, jangan rakus-rakus deh hehe. Satu saja belum terdaftar, sudah mikir mau buat akun adsense dua, tiga atau empat biji.

Sobat hanya bisa membuat satu akun Google AdSense dengan menggunakan email yang sama. Namun jangan merengut (wajahnya gak kelihatan bahagia banget – Jawa) dahulu, meski cuma satu akun doang sobat bisa memasang kode iklan Google AdSense pada banyak blog atau website.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas, Mudah dan Aman

Nih perhatikan, bila sobat termasuk orang ngeyel, lalu sengaja membuat lebih dari satu akun Google AdSense dengan identitas yang sama Google bisa melakukan penutupan (suspend/banned/disabled). Kabar buruknya, penutupan ini dilakukan ke seluruh akun Google AdSense Anda. Dan hal ini sudah tertulis di dalam persyaratan untuk menjadi member Google AdSense.

Terus, Bagaimana Memulai?

Saya andai-andaikan saja sobat sudah diterima pendaftaran Google Adsense. Artinya sobat sudah bisa mulai nih memasang iklan di blog atau website. Dan jika ada pengunjung blog klik iklan yang ada, Sobat pun dapat duit.

Namun pada tahap ini pun sobat harus tetap berpedoman pada aturan Google Adsense. Mulai tempat meletakkan atau menayangkan iklan di blog atau website, ukurannya, hingga hal-hal lain yang semuanya bisa dipelajari di Google Adsense Support.

Nominal Gajian dari Adsense

Kalau soal jumlah tiap blogger berbeda sobat. Tergantung semenarik apa artikel yang sobat buat. Ingat, zaman sekarang banyak sekali artikel yang isinya serupa.

Bagi yang kreatif dan mampu mengeksplore gaya menulisnya agar berbeda dengan panulis lain tentu blognya akan lebih ranai dikunjungi. Semakin ramai warganet berkunjung, semakin besar kemungkinan klik iklan yang ada.

Makanya sobat harus kreatif dan hindari copy paste artikel milik orang lain. Selain itu pelanggaran, juga secara moral tidak bagus. Renungkanlah sobat, penulis aslinya sudah susah payah, malam-malam ngetik artikel, lha kok dengan mudahnya sobat copy lalu pastekan tanpa diubah.

Pemahaman tentang Komisi

Ini pasti pertanyaan bukan dengan maksud menolak pembayaran, kan? Penjelasannya begini, iklan Google AdSense berasal dari perusahaan atau dari para pebisnis yang ingin beriklan melalui Google. Si pengiklan akan membayar Google untuk menampilkan iklan mereka.

Baca Juga :  Fitur Rumah Belajar sebagai Sekolah Maya Selama Covid 19

Karena iklan Google dipasang pada blog sobat, maka sobat berhak mendapatkan komis dari Google. Kalau ada yang klik iklan yang dipasang Adasense di blog sobat. Dengan sebutan lain, sobat adalah publisher iklan.

Jangan Klik Iklan Sendiri

Sekarang alurnya sobat tahu, uang akan masuk jika banyak yang klik iklan di blog sobat. Benar. Lantas muncul pikiran singkat itu, sobat melakukan klik sendiri ilan di blog sendiri. Risiko tanggung sendiri.

Ketahuilah, sobat, tindakan klik iklan sendiri adalah pelanggaran dan pasti ketahuan sama Google Adsense. Adsense bisa mengetahui sumber klik untuk memutuskkan apakah klik itu valid atau tidak.

Saya sudah pernah bahas soal invalid traffic, kalau sobat berbaik hati bisa kembali ke postingan saya sebelumnya.

Kapan Gajian Dibayarkan?

Google Adsense berbeda dengan perusahaan tempat sobat pernah bekerja sebelumnya. Jika di perusahaan sobat bisa menghadap pimpinan lalu pinjam uang kantor untuk biaya keperluan mendesak, Google tidak menerima alasan-alasan seperti itu.

Google AdSense baru akan membayarkan jerih payah sobat jika penghasilan sudah mencapai 100 Dolar Amerika atau kira-kira Rp1,3 juta. Jangan khawatir sobat, di email sobat akan ada notifikasi jika Google sudah melakukan transfer. Selanjutnya silakan konfirmasi ke Bank yang rekeningnya sobat gunakan untuk mendaftar Adsense.

Percaya Deh Sama Adsense

Nggak sobat saya semua yang baik hati. Kalaupun penghasilan sobat tidak dibayarkan itu karena ada pelanggaran. Nyatanya Google Adsense sudah membayar begitu banyak webmaster dan blogger di seluruh dunia selama bertahun-tahun.

Di Indonesia sendiri sobat bisa mencari informasi siapa saja webmaster atau blogger yang telah sukses gajian dari Google Adsense.

Nah, itulah hal-hal dasar yang biasanya ditanyakan ketika berbicara soal Google Adsense. Semoga bermanfaat sobat. ***

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here