Beranda Berita Utama DPMPTSP Tanjungpinang Gelar Temu Para Pelaku Usaha

DPMPTSP Tanjungpinang Gelar Temu Para Pelaku Usaha

0
Endri Sanopaka, selaku pembicara dari akademisi menyerahkan penghargaan dari Pemko Tanjungpinang kepada salah satu pelaku usaha.

beritakepri.id, TANJUNGPINANG — Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melaksanakan kegiatan temu bisnis dan fasilitasi kemitraan, antara UMKM, instansi pemerintah dan dunia usaha di Hotel Comforta Tanjungpinang, Rabu (13/11).

Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP dalam sambutannya mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi suatu daerah atau negara korelasi dengan peningkatan pertumbuhan investasi. Hal ini sesuai dengan komitmen Pemerintah Kota Tanjungpinang. Sesuai dengan dituangkan dalam misi kelima, yakni melanjutkan pembangunan yang adil dan merata, serta menciptakan iklim investasi dan usaha kondusif berwawasan lingkungan dan sistem pengupahan yang berkeadilan.

“Tentunya iklim investasi merupakan kondisi multidimensi menjadi pertimbangan bagi para investor atau pelaku usaha untuk melakukan kegiatan usaha atau investasi di suatu daerah,” jelasnya.

Baca Juga :  Desa Belibak Terima Posyandu dan TBM dari Premier Oil

Rahma juga mengatakan kebijakan penguatan atau pemberdayaan usaha mikro kecil menengah dan koperasi harus terus dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam menguatkan dan menggeliatkan perekonomian di Kota Tanjungpinang.

“Tentunya dalam kegiatan temu pengusaha ini juga mengakomodir dari hasil survei yang dilakukan oleh Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) dengan indeks yang dinilai adalah interaksi pemerintah daerah dengan pelaku usaha yang salah satunya adalah tingkat kebijakan Pemda yang berorientasi untuk mendorong iklim investasi di daerah,” tambah Rahma.

Rahma juga berharap, dalam kegiatan yang baru pertama digelar tersebut akan terbentuk wadah forum komunikasi dan interaksi, antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha dan UMKM, sehingga pola relasi yang dibangun akan membentuk kepercayaan yang tinggi dari pelaku usaha dan interaksi serta partisipasi publik demi pembangunan dan kemajuan Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Kunjungi STTI Tanjungpinang, ATPUSI Kota Tanjungpinang Ajak Jalin Kerjasama

Kepala DPMPTSP Kota Tanjungpinang, Drs. Muhammad Ikhsan, M.Si melaporkan bahwa, dengan terselenggaranya kegiatan temu bisnis dan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kota Tanjungpinang dengan para pelaku usaha, mulai dari level mikro, sampai dengan usaha skala menengah, kegiatan ini juga merupakan ajang sosialisasi kebijakan-kebijakan serta rencana road map penanaman modal di Kota Tanjungpinang.

“Kita juga membahas isu strategis terkait permasalahan-permasalahan mendasar yang menjadi penghambat kegiatan penanaman modal di Kota Tanjungpinang,” ungkap Ikhsan

Dikatakan Ikhsan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengembangkan pola kemitraan usaha, regional manajemen dan bisnis networking serta meningkatkan kemampuan daya saing dunia usaha dan mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan serta memberikan dorongan inovasi serta perluasan usaha dan konsistensi kegiatan usaha.

Baca Juga :  Hadapi Covid-19, Semua Diharapkan Bersatu Agar Masyarakat Terbantu

“Kita juga akan mencari solusi atas hambatan yang dihadapi pengusaha dalam melaksanakan dan meningkatkan aktivitas usahanya. Kami akan meningkatkan jalinan komunikasi, serta interaksi antara Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan pelaku usaha dan akan memberikan informasi atau penyampaian komitmen kepala daerah dalam mengimplementasikan salah satu misi Wali Kota Tanjungpinang periode 2018-2023,” tutup Ikhsan.

Disamping itu Pemerintah Kota Tanjungpinang juga memberikan penghargaan kepada 10 pengusaha, yang telah melakukan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) online terbaik, tentunya dalam melaporkan perkembangan kegiatan penanaman modal atau usaha yang dilakukan sampai triwulan ke-3 tahun 2019. (BK/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here