Alias Wello - Dalmasri Syam

beritakepri.id, BINTAN – Salah satu prestasi terbaik Alias Wello, saat menjabat Bupati Lingga, adalah menurunkan angka kemiskinan. Dari sekitar 31 persen di tahun 2015 menjadi sekitar 12,88 persen per Maret 2019. Turun sekitar 18,22 persen.

Penurunan yang sangat tajam. Sekaligus, menjadi bukti program pembangunan yang dilaksanakan Alias Wello – M Nizar, sukses.

Inilah penurunan angka kemiskinan terbesar di seluruh Provinsi Kepri. Sebagaimana yang tercatat di BPS Kepri 2020. Seiring dengan penurunan persentase kemiskinan di Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Pernyataan Apri Melenceng, Alias Wello Luruskan

Berbanding terbalik dengan di Kabupaten Bintan, yang angka kemiskinannya cenderung mengalami peningkatan dari 6,09 persen di 2015 menjadi 6,37 persen di 2019!

IPM Lingga Melonjak di 5 Tahun Terakhir

Turunnya angka kemiskinan di Kabupaten Lingga tersebut berdampak pada meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lingga.

IPM, adalah bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Pada tahun 2015, IPM Lingga tercatat 61,28 persen. Pada tahun 2019 naik menjadi 64,98 persen! Naik sekitar 3,7 persen.

Baca Juga :  Fuel Card, Solusi Pengendali BBM Bersubsidi Diluncurkan

Seperti halnya penurunan persentase kemiskinan, yang merupakan yang terbesar di Provinsi Kepri, lonjakan peningkatan angka IPM pun adalah yang terbesar di Kepri.

“Itu lonjakan angka IPM yang tertinggi di Provinsi Kepri selama 5 tahun terakhir.

Ini indikator nyata, data yang bicara bahwa program pembangunan yang kita laksanakan di Lingga mencapai target.

Kita bawa perubahan itu ke Bintan. Bukan pakai kata-kata tapi pakai kerja keras, kerja cerdas,” kata Alias Wello, kemarin. (BK/R)

Memuat...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here