free page hit counter
Karimun

Kembangkan Keterampilan, Mandirikan Ekonomi Keluarga

beritakepri.id, TANJUNGBALAIKARIMUN — Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kepri, Hj Rosmeri Isdianto mendorong kaum perempuan Kundur khususnya, untuk meningkatkan ketrampilan tata boga. Karena ketrampilan seperti ini akan memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan ekonomi keluarga.

Hal itu disampaikan Rosmeri saat membuka acara Pelatihan Ketrampilan Tata Boga untuk Peningkatan Usaha Ekonomi Perempuan di Tanjungbatu, bertempat di Gedung Srigading Tanjung Batu Kabupaten Karimun, Selasa (26/11).

Pelatihan seperti ini sambungnya, bila digeluti dengan sungguh-sungguh akan memberikan output yang luar biasa. Karenanya bagi ibu-ibu disini, siap mengikuti pelatihan, langsung dipraktekkan.

“Jangan selesai mengikuti pelatihan, tidak dipraktekkan langsung,” Rosmeri berpesan.

Dari peninjauan di lapangan, kata Rosmeri, hasil produksi UMKM di Kabupaten Karimun ini luar biasa. Hanya saja, hasil produk UMKM tersebut belum didukung dengan kemasan (packaging) yang memadai. Padahal bila ini dilakukan, hasilnya makin luar biasa lagi. Karena biasanya, pembeli akan tertarik manakala satu produk dikemas dengan sangat menarik.

“Yang dilihat pembeli pertama kali biasanya kemasannya. Selebihnya baru rasa. Tapi kalau kemasanya menarik, biasanya rasa juga pasti enak,” ujar Rosmeri.

Hasil produksi seperti keripik pisang, pisang sale, yang banyak tersebar, jangan hanya dijual seputaran sini saja. Tapi kedepan harus tembus ke pasaran internasional.

“Kita mau, tidak hanya bumbu pecal saja yang bisa sampai ke Malaysia, tapi juga hasil UMKM kita lainnya,” harapnya.

Rosmeri juga menekankan pentingnya peran kaum perempuan. Menurutnya ada tiga peran yang harus dimiliki perempuan. Pertama peran reproduksi, peran produktif dan peran sosial. Dengan peran ini, paling tidak kaum perempuan telah ikut memberikan perbaikan ekonomi keluarga.

Ketua pelaksana, Sandra dari Dinas DP3AP2KB Provinsi Kepri menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan ketrampilan dan kepedulian dalam rangka meningkatkan peran perempuan terhadap peningkatan ekonomi keluarga.

Baca Juga :  Gubernur Lepas Peserta Mudik Gratis di Karimun

Karena sasaran pelatihan adalah para perempuan. Terlebih mereka yang telah memiliki usaha produktif dibidang tata boga.

“Kami ingin mereka yang telah memiliki usaha produktif, maupun yang ingin menggeluti tata boga, makin terus meningkatkan kemampuannya,” katanya.

Pelatihan yang berlangsung sehari ini menekankan peserta agar lebih mengerti lagi, bagaimana membuat dan mengembangkan aneka jenis makanan. Pengembangan dan pelatihan ini diharapkan berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga di Tanjung Batu.

Beraneka pelatihan yang dipraktekan pada pelatihan kali ini. Diantaranya pelatihan pembuatan Sosis Solo Ikan Tuna, Semar Mendem, Alam Keladi, Roket Ketang, Perkedel, Lumpur Pandan dan Dadar Coklat.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peninjauan pengembangan lidah buaya di togasimbok. Pembudidayaan tanaman untuk berbagai khasiat kesehatan.(BK/R)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *