Beranda Kepri Karimun LBH-SADO Karimun Lakukan Penyuluhan Narkoba di Pulau Buru

LBH-SADO Karimun Lakukan Penyuluhan Narkoba di Pulau Buru

0
Foto bersama usai memberikan penyuluhan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi kalangan pelajar dan pemuda di pulau Buru kecamatan Buru.F-D Tambunan

beritakepri.id, KARIMUN – Lembaga Bantuan Hukum Sahabat Anak Indonesia (LBH-SADO) yang memberikan penyuluhan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi kalangan pelajar dan pemuda di pulau Buru kecamatan Buru.

Ketua LBH-SADO Karimun Linda Theresia menuturkan, melalui penyuluhan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi kalangan pelajar dan pemuda bertempat di SMA 1 Buru. Agar memberikan edukasi kepada para pelajar maupun pemuda di kecamatan Buru tentang bahaya penyalahunaan narkoba dampaknya akan sangat-sangat berbahaya terhadap generasi muda Indonesia.

“Semua pihak sudah memberikan informasi terhadap bahaya narkoba, termasuk Pemerintah Daerah Karimun. Namun, peranan para pelajar maupun pemuda sangatlah penting untuk bersama-sama dan bergandengan tangan bersama untuk memerangi peredaran narkoba,” terangnya, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga :  Demi Kepastian Hukum, LSM Cindai Akan Bawa Laporan PT.MIPI Ke Propam Mabes Polri

Sehingga, lanjut Linda lagi dapat terhindar dari peredaran narkoba di lingkungan masing-masing. Dengan diawali dari keluarga sendiri dan sekitar rumah. Dengan demikian, penambahan wawasan tentang bahaya penyalahunaan narkoba dampaknya akan sangat-sangat berbahaya terhadap generasi muda Indonesia. Maka, untuk itu pihaknya berharap kepada para peserta baik itu pelajar maupun pemuda bisa melanjutkan informasi akan bahayanya narkoba.

“Intinya, kita semua harus peduli terhadap bahaya narkoba. Ayo, adek-adek ku sekali harus bisa melawan bahaya narkoba. Anda-anda ini penerus bangsa yang harus siap menghadapi tantangan era digital sekarang. Walaupun, tinggal dipulau, tidak tertutup kemungkinan nanti adek-adek ini menjadi pemimpin di bumi berazam,” pesannya.

Baca Juga :  Camat Ungar Buka STQ Tingkat Kecamatan

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karimun Muhammad Yusuf Sirat, sangat mendukung kegiatan penyuluhan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi kalangan pelajar dan pemuda yang digelar Lembaga Bantuan Hukum Sahabat Anak Indonesia (LBH-SADO).

“Ibarat masalah narkoba bak api sedang menyala. Artinya, api yang sedang menyala di hutan harus di padamkan oleh petugas yang sangat-sangat sedikit. Saya setiap minggu mendapatkan informasi dari Rutan Kelas IIB Tanjung Balai Karimun, bahwa 500 lebih penghuninya didominasi napi yang terjerat kasus narkoba yang mencapai 90 persen. Lebih mirisnya sebagian besar generasi muda,” ucap Yusuf Sirat.

Baca Juga :  Salah Satu Atensi Utama Gubernur Ansar, Hasan Paparkan Best Practice Pengelolaan SP4N-LAPOR!

Melalui penyuluhan narkoba yang dilaksanakan LBH SADO, Yusuf mengharapkan dapat menyambung lidah kepada para pelajar maupun pemuda untuk saling mengingatkan akan bahayanya narkoba. Sebab, generasi muda sebagai penerus harus siap menghadapi tantangan.

“Kegiatan ini harus terus berkelanjutan. Memang tidak segampang itu untuk pencegahan, tanpa ada kesadaran
pribadi dari sipelaku itu sendiri maupun keluarga. Kalau dibandingkan, antara pencegahan dan peredaran saat
ini tidak berimbang,” tuturnya.***

Penulis : D Tambunan
Editor : Yusfreyendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here